oleh

Perempuan Manado Diajak Deteksi Dini Kanker Serviks Lewat Tes IVA

METRO, Manado- Pemerintah Kota Manado didalamnya TP-PKK Kota Manado bersama stakeholder telah menyatakan dukungan dan komitmen untuk pencegahan dan deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim yang menjadi salah satu penyakit mematikan bagi kaum wanita.
Salah satu upaya Pemkot, TP-PKK dan stakhoder untuk mengkampanyekan pencegahan dan deteksi dini kanker servik ini lewat pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) yang akan dilaksanakan Kamis (11/7/2019) pekan depan, berlokasi di lapangan Sparta TIkala.

Untuk itu, perempuan Kota Manado terutama dalam usia subur diajak untuk dapat melakukan pemeriksaan IVA ini.
“Sudah ada 500-an orang yang akan mengikuti pemeriksaan IVA. Dan masyarakat dalam hal ini perempuan di Kota Manado juga kita ajak untuk melakukan pemeriksiaan IVA,” tukas ketua TP-PKK Kecamatan Tikala, Lenda Sangkay-Lendeng saat diwawancara Kamis (4/7/2019).

Dia membeberkan pentingnya pemeriksaan IVA bagi kaum wanita dan pentingnya pemeriksaan IVA. Dimana secara garis besar pemeriksaan IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

“Dalam pemeriksaan IVA di lapangan Tikala nanti kita didukung banyak pihak. Termasuk petugas pemeriksa dari 14 Puskesmas di Kota Manado akan ambil bagian,” ungkap Lenda.

Pemeriksaan IVA tersebut menjadi rangkaian kegiatan penilaian IVA Test tingkat nasional. Pasalnya TP PKK Kota Manado lewat TP PKK Kecamatan Tikala, mewakili Kota Manado dan Sulawesi Utara dalam lomba IVA Tes tingkat nasional yang penilaiannya direncanakan 11 Juli nanti.

Berbagai persiapan juga terus dimantapkan TP-PKK Kota Manado yang dipimpin Ketua Ny Paula Lumentut-Runtuwene dan wakil ketua Imelda Bastiaan-Markus serta stakeholder untuk menghadapi penilaian tersebut. Beberapa upaya yang telah dilakukan diantaranya launching aplikasi PANADA TANTE IVA dan pencanangan program SUSIANTARIKSA (Suami Siaga Antar Istri Periksa IVA serta penandatanganan komitmen bersama dukungan lintas sektor tentang pelaksanaan Tes IVA di Kota Manado.

Rey