oleh

Polda Sulut Gulung Tersangka Penipuan Emas Senilai Rp 1,2 M

Barang bukti emas palsu.

 

 



METRO, Manado – Polda Sulut membongkar dan menangkap pelaku aksi penipuan dengan bermodus menjual emas palsu senilai Rp 1,2 Miliar. Dalam pengungkapan kasus ini polisi menahan lelaki Tju Kiaho, warga negara Cina, sedangkan dua tsk lainnya diproses di Polresta Manado.


“Modusnya para korban ditawari membeli emas. Setelah tiba di toko emas asli dicoba dan dites, namun saat transaksi pembayaran, pelaku warga China ini dengan cepat menukar dengan emas palsu yang terbuat dari tembaga,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulut, Kombes Pol Hari Sarwono, melalui Wakatim Resmob,  AKP Sugeng Wahyudi Santoso SIK.

Lanjut Sugeng kasus itu terungkap setelah beberapa kali transaksi, korban  melakukan pemeriksaan kembali terhadap emas yang dibeli. Alangka terkejutnya korban karena emas yang dibawanya ternyata palsu.


“Pelaku yang kita amankan adalah Tju Kiaho dan dua rekannya di Polresta Manado. Kita masih memburu dua orang pelaku lainnya yang merupakan rekan korban,” beber Sugeng, Selasa (06/08) lalu.


“Barang bukti yang disita penyidik sebanyak 45 emas palsu dan 2 pasport. Pelaku akan dijerat dengan KUHP pidana penipuan dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun,” pungkas Sugeng.(ALR)