oleh

Karhutla Capai 250 Hektar, Minut Siaga Darurat Bencana

Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan di kawasan kaki Gunung Klabat.(ist)

 

 



METRO, Airmadidi – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Minahasa Utara makin menjadi-jadi hingga kini sudah mencapai 250 hektar. Pemkab Minahasa Utara sementera menyiapkan SK untuk status siaga darurat bencana kebakaran.

“Total seluruh kebakaran lahan dan hutan di 10 kecamatan di Minut sudah mencapai sekitar 250 Hektar. Khusus untuk kebakaran Gunung Klabat sampai saat ini sudah mencapai 50 Ha untuk lahan dan hutan lindung 30 Ha,” papar Kepala BPBD Minut, Jofieta Supit kepada wartawan, Selasa (17/09/2019) di lokasi kebakaran di kaki Gunung Klabat.
Supit berterima kasih kepada TNI/Polri dan relawan lainnya yang sudah bahu-membahu memadamkan api.  “Besok hari lagi masih ada aksi pemadaman api,” tambah Supit.

Terkait kebakaran hutan dan lahan ini Sekda Ir Jemmy H Kuhu MA, mengakui Pemkab Minut akan membuat instruksi untuk jangan membakar lahan. Nantinya instruksi ini akan disampaikan kepada masyarakat. “Kita juga berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Propinsi karena wilayah hutan lindung Gunung Klabat domain dari Propinsi,” tutur Sekda.

Lanjutnya Pemkab juga akan membuat SK status siaga darurat bencana. “Dengan adanya SK status darurat bencana kebakaran ini kita bisa menggunakan anggaran tanggap darurat bencana untuk menangani kebakaran ini,” ungkap Kuhu. Namun demikian mengungkapkan apakah dana tersebut ada tahun ini tentunya akan berkoordinasi dengan Badan Keuangan.
Sementara itu, Camat Dimembe, Ansye Dengah mengakui, kebakaran di wilayah kawasan kaki Gunung Klabat sudah sejak 5 hari yang lalu. Api diduga bermula dari pembakaran lahan belakang kantor Satpol PP dan Damkar Minut. “Saya minta kepada warga agar jangan membakar lahan dengan sembarangan,” tegasnya.

Dari pantauan kemarin ratusan personel relawan dari TNI/Polri, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut, Satpol PP dan Damkar Minut dibantu oleh masyarakat, bahu-membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Pihak Polres Minut sendiri dipimpin Kapolres AKBP Jeffry RP Siagian SIK bersama 25 personel bersama Kodim 1310 Bitung dan Koramil Dimembe dipimpin Perwira Penghubung Mayor Infrantri Richard Pusung bersama 20 personel terjun bersama masyarakat untuk memadamkan api di lokasi kaki Gunung Klabat, Desa Laikit dan Matungkas Selasa (17/09) kemarin.(RAR)