Kanim Manado Buka Layanan Paspor di PPT Mantos

METRO, Manado- Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Manado akan membuka pelayanan paspor di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Kota Manado yang bertempat di Manado Town Square. Pelayanan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Manado. Demikian diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, Friece Sumolang kepada METRO, siang tadi.

“Jadi pelayanan paspor ini memang dilaksanakan khusus setiap hari sabtu selama bulan Oktober khusus bagi pemohon paspor baru dan penggantian untuk memperingati Hari Dharma Karyadhika Kemenkumham RI yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2019,” kata Friece.

Menurutnya, dengan adanya pelayanan ini, masyarakat Sulawesi Utara khususnya Kota Manado yang tidak dapat membuat paspor di hari Senin hingga Jumat, dapat memanfaatkan waktu yang tersedia di hari libur untuk membuat paspor. “Tentu ini menjadi bagian dari komitmen kami dalam rangka memberikan pelayanan publik yang maksimal kepada masyarakat,” ungkap Friece.

“Kebutuhan akan adanya paspor terlebih dengan dibukanya penerbangan Garuda Indonesia ke Davao 2 kali seminggu dan penerbangan internasional 10 kota lainnya tentu akan meningkatkan jumlah permohonan paspor di Kanim Manado,” kata Friece menambahkan.

Sementara itu, data Kanim Manado menunjukkan bahwa hingga Kamis (3/10) kemarin, tercatat sebanyak 10.699 paspor telah diterbitkan oleh Kanim Manado. Dari jumlah tersebut, 489 diantaranya merupakan paspor elektronik yang dilaunching tanggal 16 Agustus lalu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Jimmy Charles mengungkapkan bahwa dengan dibukanya pelayanan paspor oleh Kanim Manado tentu akan menambah jumlah produk layanan yang tersedia di PPT Mantos dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Pelayanan paspor oleh Kanim Manado sejauh ini dilaksanakan setiap hari Sabtu selama bulan Oktober. Namun kami telah membicarakan kerjasama dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado mengenai rencana pelayanan paspor secara permanen di mal pelayanan publik yang nantinya akan dibangun,” kata Rotinsulu.(71)

Bagikan sekarang...

Berita Terbaru