oleh

Kasus DBD di Minut Bertambah Menjadi 59

dr Harly Sompotan.


 

 


METRO, Airmadidi – Sampai awal Maret 2020, kasus demam berdarah dengue (DBD) akibat gigitan nyamuk aedes aegypti di Minahasa Utara masih bertambah walau sedikit. Tercatat hingga awal Maret sudah ada 59 kasus DBD.

“Sampai minggu pertama Maret sudah 59 kasus DBD di Minut. Januari terjadi 30 kasus DBD, kemudian Februari sebanyak 20 kasus dan minggu pertama Maret bertambah 9 kasus lagi,” papar Kadis Kesehatan dr Harly Sompotan, Rabu (11/03/2020).

Kadis kasus DBd terbanyak terjadi di wilayah Puskesmas Airmadidi sebanyak 20 kasus dimana 3 kasus terjadi di awal Maret. Terbanyak kedua di wilayah Puskesmas Tatelu dengan 10 kasus. Menurutnya dari 11 puskesmas di Minut semua ada kasus DBD, namun belum ada pasien meninggal.

Lanjut Sompotan, jika dibanding tahun 2019, maka kasus tahun ini masih jauh lebih sedikit. “Tahun 2019 Januari saja sudah tercatat 150 kasus DBD di Minut,” ungkap Sompotan.
Menurut Kadis, pihaknya termasuk di puskesmas-puskesmas secara rutin menggiatkan penyuluhan dan sosialisasi pencegahan DBD. Terutama dengan menerapkan pola hidup sehat, membersihkan rumah dan lingkungan sekitar yang menjadi sarang nyamuk.


“DBD ini menjadi perhatian serius sehingga jauh-jauh hari kami sudah menyampaikan surat edaran ke kecamatan-kecamatan dan puskesmas, tempat ibadah untuk melakukan pencegahan. Kami juga secara rutin melalui Puskesmas melakukan monitoring di lapangan,” ungkap Sompotan seraya mengingatkan untuk mewaspadai siklus tahunan meningkatnya penyakit DBD.  Dimana nyamuk aedes aegypti berkembang biak pada musim hujan karena banyak genangan air. Apalagi nyamuk ini berkembang biak pada air bersih.


“Kalau memang positif penyakit DBD itu berasal dari suatu lingkungan maka kami akan melakukan tindakan fogging. Tetapi kami ingatkan fogging hanya membunuh nyamuk dewasa,” ungkapnya. Sompotan mengimbau masyarakat dan pemerintah desa/kelurahan untuk menggiatkan langka terbaik yaitu pola hidup sehat dengan bersama-sama membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk.(RON)