oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Bandara Sam Ratulangi Siapkan Gerbang Disinfeksi

METRO, Manado- Selain menerapkan metode social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona, di Bandara Sam Ratulangi Manado juga telah disiapkan gerbang disinfeksi berbentuk lorong yang ditempatkan di area kedatangan.

“Di dalam gerbang disinfeksi ini memuat cairan disinfektan yang akan disemprotkan kepada seluruh penumpang yang tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado,” ujar General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai, pada Jumat (27/3).

Dijelaskan Minggus, disamping cairan disinfektan, gerbang disinfeksi ini juga dilengkapi dengan sinar ultraviolet guna mematikan virus yang melekat di pakaian maupun barang yang dibawa oleh para penumpang. Semua penumpang juga diperiksa suhu tubuhnya dengan alat thermal scanner serta wajib mengisi formulir riwayat perjalanan yang nantinya dikumpulkan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Ini merupakan hasil inovasi kami pihak bandara bersama dengan KKP dalam rangka mencegah masuknya virus corona yang bisa saja tertempel di pakaian maupun barang tentengan penumpang,” kata Minggus.

Adapun cairan yang digunakan untuk disemprotkan kepada penumpang serta sinar ultraviolet, menurut Minggus sangat aman sehingga para penumpang tidak perlu khawatir.

“Rencananya kami juga akan menyiapkan gerbang disinfeksi ini di area keberangkatan. Berbagai inovasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona akan terus kami lakukan, sehingga diharapkan bisa memberikan pelayanan yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jasa bandara,” tandas Minggus.(71)