oleh

BPJAMSOSTEK Lindungi 2400 THL Pemkab Sangihe

banner 1050236

METRO, Sangihe- Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Ezar Gaghana melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerjasama antara Pemkab Sangihe dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Manado terkait pemberian jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 2400 tenaga harian lepas (THL) yang terdiri dari kepala lingkungan, ketua RT dan petugas kebersihan bertempat di ruangan rapat Bupati, Selasa (07/07).

Sebelum penandatanganan MoU, Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Manado, Hendayanto, melalui jaringan zoom vidcom memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Sangihe, karena telah memberikan dukungan perlindungan bagi 2400 pekerja THL. “Jadi untuk pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, bahwasannya resiko akan dialihkan kepihak BPJS sehingga jika terjadi resiko seperti kematian, maupun kecelakaan akan dibebankan ke BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Hendrayanto pun berharap pandemi covid-19 cepat berlalu sehingga para pekerja dapat melaksanakan pekerjaannya seperti biasa dan aktivitas berjalan dengan normal. ” Harapan kami tentunya untuk kedepan semoga covid-19 cepat berlalu sehingga pekerja dapat melaksanakan pekerjaan seperti biasadan aktivitas berjalan normal seperti biasa,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Jabes Ezar Gaghana saat membawakan sambutan menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama BPJS Ketenagakerjaan menyikapi berbagai kepentingan dan harapan dari para pekerja yang perlu mendapatkan perlindungan akibat kerja atau hal lain, yang dapat menjamin ketenangan untuk para pekerja.

”Dalam hal ini pemerintah daerah merasa perlu untuk mengambil langkah-langkah yang responsiv terhadap keluhan, harapan dan kerinduan dari para ketenaga kerjaan yang mengharapkan apa yang dilakukan hari ini, menjadi kerinduan dan salah satu pemecahan masalah yang dirasakan oleh para pekerja kita, dan inilah tanggung jawab kita yang bisa dilakukan,” kata Gaghana.

Gaghana pun dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas sumbangsih dan kerjasama, karena fasilitas yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang mampu memberikan solusi yang terbaik bagi tenaga kerja di Sangihe.

“Ini menambah gairah dan memberikan spirit buat teman-teman yang bekerja di lingkungan informal, pemerintah daerah, maupun swasta untuk mendapatkan fasilitas seperti ini. Atas kerja sama ini kami sangat berterima kasih dan lebih dari pada itu yang kita perbuat adalah kebaikan bagi banyak orang,dan terhadap kepentingan banyak orang yang kita dukung dan dilindungi memberikan ketenangan dalam berbagai aktivitas yang dilakukan,” tandas Bupati.

Kepala Bidang Kepesertaan BPJAMSOSTEK Manado, Adhisafah Curmacosasih menambahkan, penandatanganan MoU terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada THL, kepala lingkungan dan petugas kebersihan ini dilakukan secara virtual.

“Menariknya, awak media di Sangihe melakukan wawancara secara virtual kepada Kepala BPJAMSOSTEK Manado, Hendrayanto,” kata Adhisafah.(iwan)