oleh

Nakes di RSUD dan Puskesmas Mulai Divaksin

METRO, Kotamobagu- Tenaga Kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, mulai menerima vaksin Rabu (03/02) kemarin. Sebanyak 200 tenaga kesehatan (Nakes) akan diberikan suntikan vaksin buatan Sinovac.

Kepala Bagian Administrasi Umum RSUD Kotamobagu, Hendri Kolopita, menjadi orang pertama yang disuntik vaksin tersebut oleh vaksinator terlatih.

Dirinya mengatakan, vaksinasi covid-19 pada hari pertama tersebut di RSUD Kotamobagu sebanyak 20 Nakes. Lanjutnya, vaksinasi covid-19 di RSUD Kotamobagu akan berlangsung selama 6 hari. “Rencana nakes di RSUD yang akan divaksin tahap satu berjumlah 200 orang. Hari ini yang divaksin terdiri dari manajemen RSUD, dokter dan kepala ruangan,” ujar Hendri.

Dirinya mengimbau, agar seluruh Nakes dapat mensukseskan program vaksinasi ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, covid-19 di Kotamobagu. “Vaksin aman dan halal. Ini demi memutus mata rantai covid-19. Proses vaksinasi dilakukan jika penerima vaksin memenuhi syarat skrining, jika tidak maka akan ditunda sampai syarat terpenuhi,” tandasnya.

Tak hanya di RSUD Kotamobagu, Nakes di Puskesmas Gogagoman, mulai menerima giliran Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Kotamobagu. Sebanyak 75 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di Puskesmas Gogagoman dilakukan penyuntikan vaksin.

Kepala Tata Usaha (KTU) Puskesmas Gogagoman, Ria Prasari Mokoagow mengatakan, dari total 84 nakes yang masuk data base vaksin, 9 nakes diantaranya dipastikan tidak akan menerima vaksin. “Sembilan nakes itu karena positif Covid-19. Jadi otomatis dia tidak akan divaksin,” kata Ria.

Ia menuturkan, pelaksanaan vaksin di Puskesmas Gogagoman ini akan berlangsung selama 7 hari, dimulai 3 Februari ini sampai tanggal 9 Februari mendatang.

Dimana, teknis pelaksanaannya dilakukan dalam dua sesi. Setiap sesi jumlah nakes yang akan divaksin itu 20 orang. “Selain positif Covid-19 atau pernah terpapar, yang tidak akan divaksin itu nakes punya penyakit komorbid. Itu akan gugur saat melewati meja skrining. Jadi dari 84 nakes itu tergantung pada saat melewati meja skrining,” pungkasnya.(62)

Komentar