oleh

Pemkot Ikut Vidcon City Consultation ASUS

METRO, Tomohon- Walikota Tomohon yang diwakili oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur, MKes MSi, menghadiri Video Conference (Vidcon) dalam rangka Kegiatan City Consultation Asean Sustainable Urbanisation Strategy (ASUS).

Video Conference ini dilaksanakan di Command Center Tomohon Tangguh Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon, Jumat (05/02/2021).

Walikota Tomohon dalam sambutannya, yang dibacakan Penjabat Sekot Tomohon, terima kasih kepada UN-Habitat dan Tim dari ASUS project yang telah mengorganisir pertemuan ini dan terimakasih untuk dukungannya bagi Kota Tomohon.

“Proposal teknis Kota Tomohon berfokus pada topik Pengenalan Solusi Digital untuk Keselamatan dan Keamanan. Saat ini teknologi telah menjadi bagian bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Sekot, teknologi telah menjadi kunci dari tata kelola perkotaan, dengan memberikan informasi langsung kepada masyarakat tentang pariwisata, lalu-lintas, layanan kesehatan dan pendidikan, peringatan keamanan, dan informasi lainnya. “Tapi kita harus menyadari bahwa strategi smart-city harus dimulai dari manusia, bukan teknologi. Kecerdasan digital tidak hanya berarti memasang infrasruktur digital dan meng-online-kan kota, tetapi bagaimana teknologi dan data didayagunakan untuk menghasilkan perencanaan dan penerapan kebijakan yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat,’ jelasnya.

Ditambahkan Pejabat Sekot, memecahkan masalah urbanisasi dan merancang kehidupan kota yang layak huni dan berkesinambungan, dibutuhkan pendekatan strategis yang terpadu.
Dimana teknologi menjadi salah satu bagian di dalamnya. Kita perlu menganalisa dan mengidentifikasi isu-isu mendasar yang dihadapi oleh masyarakat, dan perlu merancang solusi kolaboratif yang berorientasi masyarakat untuk memecahkan permasalahan keselamatan, keamanan, keberlangsungan lingkungan hidup, pelayanan publik dan tata kota yang baik.

“Diharapkan pertemuan ini menjadi kesempatan bagi kita untuk berbagi pengetahuan dan terlibat aktif dalam diskusi strategis untuk kerjasama yang kedepan. Tujuannya adalah menyediakan informasi dan membangun kerjasama tim yang kuat,” pungkasnya.(05)

Komentar