oleh

Bupati Targetkan Pekan Ini Refocusing Anggaran Selesai

Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin W Lotulung bersama para kepala SKPD.

 

 

METRO, Airmadidi – Hingga pertengahan Maret 2021 ini, anggaran Pemkab Minahasa Utara belum juga berjalan. Pasalnya Pemkab Minut masih fokus membahas refocusing anggaran. Namun demikian Bupati Joune JE Ganda SE menargetkan refocusing anggaran akan selesai pekan ini.

Dari pantauan wartawan Selasa (16/03/2021) pembahasan refocusing oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan SKPD masih terus dilaksanakan. Sejumlah kepala SKPD mengakui anggaran 2021 belum juga berjalan sehingga kegiatan dan program di awal tahun juga masih tersendat. Mereka mengakui saat ini sementara fokus membahas refocusing angharan.

Bahkan para ASN juga mengeluh belum bisa melaksanakan kegiatan karena anggaran belum jalan padahal triwulan pertama hampir habis.

Ketika dikonfirmasi dalam konfrensi pers Selasa (16/03/2021) di atrium kantor Bupati, Ganda didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH MH dan Sekda Ir Jemmy H Kuhu MA mengakui saat ini sementara fokus pada refokusing anggaran.

“Sekarang anggaran belum jalan, kegiatan-kegiatan masih pakai dana swadaya. Sekarang kita masih fokus melakukan refocusing anggaran. Setelah itu kita  melakukan pergeseran anggaran yang akan dibahas bersama-sama DPRD,” ungkap Bupati. 

Lanjut Ganda, pihaknya juga saat ini sementara mempersiapkan RPJMD. “Kami juga sementara mempersiapkan RPJMD untuk memfokuskan apa yang menjadi visi misi kami saat kampanye untuk diberikan pada masyarakat.

Untuk itu saya minta ASN supya bersih-bersih dulu supaya memberikan contoh kepada masyarakat masa kantor pe kotor mo melayani masyarakat. Sambil torang melakukan kebijakan penyesuaian anggaran,” tutur Bupati JG. 

Menurutnya hal tersebut merupakan program prioritasnya bersama Wabup di awal pemerintahan, supaya ketika semua sudah settle akan lebih mudah masuk pada program-program yang langsung menyentuh msyarakat. 

“Minggu ini refocusing selesai, kemudian minggu depan kita akan bahas pergeseran anggaran,” tandas Ganda.

Sementara itu secara terpisah Kaban Keuangan Petrus Macarau SE mengungkapkan untuk pembahasan refocusing anggaran sementara jalan namun tinggal sedikit. “Refocusing anggaran difokuskan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan perekonomian masyarakat. Sesuai aturan refocusing sebesar 30 persen dana insentif daerah (DID) dan 9 persen dana alokasi umum (DAU),” jelas Macarau.

Diketahui tahun 2021 ini Minut mendapat alokasi dana perimbangan melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebesar Rp 745.343.636.000. Terdiri dari Dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 483.673.388.000, Dana alokasi khusus (DAK) fisik Rp 77.691.812.000. Kemudian DAK non fisik Rp 76.742.922.000. Sedangkan untuk dana bagi hasil pajak (DHP) Rp 32.075.220.000 dan dana insentif daerah (DID) Rp 75.160.294.000.(RAR)

 

Komentar