Lagi, Aldo Cs Lobi Bantuan ke Pusat

METRO, Bitung- Anggota DPRD Bitung dari Fraksi PDI Perjuangan kembali melobi bantuan ke pemerintah pusat. Bantuan yang diincar ditujukan untuk kepentingan umum, yakni kapal feri dan bus sekolah.

“Iya, kita baru pulang dari Jakarta dalam rangka itu (lobi bantuan),” ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bitung, Geraldi Mantiri, Minggu (06/06) kemarin.

Upaya lobi tersebut dilakukan lewat anggota DPR RI yang juga berasal dari Fraksi PDI Perjuangan, Herson Mayulu. Diketahui, mantan Bupati Bolsel itu duduk di Komisi V yang turut membidangi urusan transportasi.

Sebelum ini lobi serupa sudah pernah dilakukan melalui Herson. Hasilnya, permohonan bantuan pengembangan atau rehabilitasi dermaga penyeberangan ke Pulau Lembeh, pembangunan terminal angkutan darat tipe C, pengadaan serta pemasangan perlengkapan (marka,red) jalan, serta pengadaan alat uji berkala untuk kendaraan bermotor, sebagian telah terealisasi. Karena itu, lobi kali ini juga diharapkan menghasilkan yang sama.

“Kapasitas Pak Herson tak perlu diragukan. Kami optimis upaya kami akan membuahkan hasil,” tukas Geraldi.

Ketua DPRD Bitung Aldo Nova Ratungalo turut berbicara perihal lobi dimaksud. Aldo bersama Geraldi yang memimpin rombongan Fraksi PDI Perjuangan bertemu dengan Herson.

“Justru Pak Herson bilang jangan sungkan-sungkan minta bantuan. Beliau menyebut itu memang sudah menjadi tugasnya, sehingga tidak ada alasan untuk tidak membantu,” ujar Aldo.

Ia pun menerangkan alasan dipilihnya bantuan kapal feri dan bus sekolah. Menurutnya, dua fasilitas itu dibutuhkan masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

“Kapal feri ini untuk mendorong kegiatan ekonomi masyarakat. Rencananya akan dibuka jalur penyeberangan baru dari Bitung ke Bolmong lewat pantai selatan, yang pada gilirannya akan memperlancar perdagangan antara dua wilayah itu. Sedangkan untuk bus sekolah kita proyeksikan ke Pulau Lembeh. Kan dalam waktu dekat sekolah tatap muka segera diberlakukan, jadi ini untuk membantu pelajar di sana,” terangnya.

Aldo yakin manfaat dari kapal feri dan bus sekolah akan sangat dirasakan warga. Khusus kapal feri, ia optimis bantuan itu akan berdampak positif bagi daerah.

“Komoditi dari Bitung bisa semakin lancar diangkut ke Bolmong, dan sebaliknya juga seperti itu. Nah, ini bisa meningkatkan perdagangan daerah dan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Baik Aldo maupun Geraldi juga menyebut lobi bantuan yang dilakukan dalam rangka mendukung Pemkot Bitung. Sebagai mitra kerja, DPRD Bitung ingin menunjukan peran dalam menopang eksekutif demi kemajuan daerah.

Selain dua nama di atas, anggota Fraksi PDI Perjuangan yang ikut melobi bantuan adalah Meidy Tuwo, Rafika Papente, serta Vivy Ganap. Mereka juga ikut didampingi Ricy Tinangon selaku Kepala Dinas Perhubungan Pemkot Bitung.(69)

Komentar