oleh

Gubernur Olly Launching RSUD ODSK

METRO, Manado- Provinsi Sulawesi Utara dapat berperan sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan (Yankes) bagi daerah tetangga.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly saat melakukan Soft Opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Optimalisasi Daerah Sehatkan Keluarga (ODSK) Provinsi Sulut yang terletak di Jl Bethesda Manado, Rabu (09/06/2021).

“Kehadiran RSUD ini bukan soal persaingan, namun untuk menghadirkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, bahkan agar Sulut menjadi pusat pelayanan kesehatan bagi daerah luar,” ungkap Gubernur Olly.

Dengan kehadiran RSUD ODSK, diharapkan masyarakat Sulut mendapatkan manfaat berupa pelayanan kesehatan yang baik.

Memang RSUD ini sudah direncanakan untuk dibangun sebelum pandemi. Dengan harapan masyarakat Sulut mendapatkan pelayanan kesehatan kedepan dan secara terus menerus, sehingga kehadiran RSUD ini membawa manfaat bagi masyarakat,” ungkap Gubernur Olly.

Orang Nomor Satu di Sulut inipun menyebutkan bahwa dengan tercovernya 80 persen masyarakat oleh program BPJS, maka diharapkan layanan kesehatan bagi masyarakat makin meningkat.

“Termasuk, pelayanan kesehatan yang baik di RSUD ini,” ucap Gubernur Olly seraya mengajak pengelola RSUD ODSK untuk mengelolanya secara baik.

Gubernur Olly juga menantang pengelola RSUD ODSK untuk menyumbang Rp 100 miliar per tahun dari operasionalnya.

Selain itu, Gubernur Olly memastikan bahwa dengan kehadiran RSUD ODSK, justru ikut menunjang sektor pariwisata.

Sementara itu Kadis Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debie Kalalo melaporkan bahwa RSUD ODSK mulai groundbreaking pada 8 Oktober 2019.

RSUD ODSK ini merupakan RS Rujukan bagi pelayanan diantaranya, IGD, Poli Klinik, mata, anak, kebidanan yang dibangun dengan dana sebesar Rp 304 miliar berlantai 11 dan memiliki sarana 376 tempat tidur dengan memiliki anjungan helipad.

RSUD ODSK ini juga mengcover pelayanan kesehatan bagi masyarakat di 15 Kabupaten/kota.

“Sedangkan sarana dan prasarana serta SDM akan terus ditingkatkan,” kata dr Kalalo.

Kegiatan ini dihadiri Wagub Drs Steven OE Kandouw, Ketua DPRD Sulut dr Andy Silangen, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE MS, jajaran pejabat teras Pemprov Sulut, pihak PT PP Persero TBK dan undangan lainnya.(35)

Komentar