Bolmong Bakal Kehadiran Pabrik Senjata dan Amunisi

Totabuan196 views

METRO, Lolak- Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bakal dibangun pabrik senjata dan amunisi.

Demikian dikatakan, Asisten II Pemkab Bolmong, Zainudin Paputungan, bahwa dirinya Jumat pekan kemarin, mendampingi pihak Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan RI, Laksamana pertama TNI Sri Yanto ST, melakukan peninjauan bakal lokasi pabrik senjata dan amunisi PT PNB di Batalyon Armed 19-105 Tarik Bogani, di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong.

Zainudin mengatakan, pihak Ditjend Pothan Kemhan, salah satu tugas untuk mengatur industri pertahanan.

“Rencana pembangunan pabrik desentralisasi di berbagai wilayah yaitu medan, mesuji, bintan, maros, lolak, sorong,” tutur Zainudin, Senin (12/07) kemarin.

Dikatakan, saat ini telah diterbitkan Undang-undang Cipta Kerja Nomor: 11 Tahun 2020, salah satunya mengatur sub sektor pertahanan hanya boleh dilakukan oleh negara tetapi setelah UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 tersebut memberikan peluang pihak swasta untuk memproduksi senjata dan amunisi.

“Undang-undang cipta kerja, selain BUMN maka BUMS dapat memproduksi amunisi dengan syarat dan ketentuan berlaku,” katanya.

Ia juga mengatakan, walaupun ini pabrik amunisi tetapi harus bisa bermanfaat kepada masyarakat.

“Nantinya, hasil kunjungan Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan RI, akan disampaikan kepada bapak Menteri Pertahanan,” ungkapnya.

Dikatakan Zainudin, Kabupaten Bolmong menjadi salah satu daerah tujuan investasi nasional hingga Internasional, atau proyek strategis nasional, sehingga dalam sektor tata ruang, pembangunan perusahaan amunisi tidak mengganggu karena menggunakan lahan TNI AD.

“Lahan ini jauh dari pemukiman penduduk dan tidak terdapat cerobong asap, serta bangunan tidak bertingkat untuk produksi munisi,” ujarnya.(48)

Komentar