oleh

Tim Bola Voli Putri SMANSA Juara SMANTU Cup

TIM Bola Voli Putri SMA Negeri 1 Manado (SMANSA), yang dipimpin Lasarus Elungan tampil sebagai juara di Turnamen Bola Voli SMA Negeri 7 Manado (SMANTU) Cup Tahun 2022, yang berakhir Sabtu pekan lalu.

SMANSA yang ditangani sejumlah pelatih papan atas Sulut seperti Drs Estepanus Palili, Refli Surusa, Jotje Markus dan Lasarus Elungan, pada partai final berhasil mengalahkan tim tuan rumah SMANTU.

Informasi yang diperoleh dari Jotje Markus, salah satu pelatih yang juga adalah Guru Penjas di sekolah yang berdomisili di Jalan Siswa Manado, sukses yang dicapai tim putri SMANSA berkat disiplin latihan yang selama ini dijalani di sekolah.

Kendati terdapat sejumlah pemain yang berlatih di sejumlah klub papan atas yang ada di Sulut, tapi karena para pemain berstatus pelajar SMANSA Manado mereka tampil di turnamen antar pelajar dengan memperkuat sekolahnya.

Pantauan media ini, pembinaan olahraga bola voli di SMANSA Manado memang sudah berjalan cukup lama. Sejumlah pemain yang berkiprah di level nasional seperti Asprilla Manganang juga merupakan alumni dari SMANSA.

Selain itu, para pemain yang menjadi tulang punggung Tim Sulut di PON baik ketika di Jawa Barat maupun di Papua didominasi oleh anak-anak binaan SMANSA Manado yang didalamnya terdapat pelatih nasional Lasarus Elungan, yang notabene adalah pembina kesiswaan di sekolah tersebut.

Saat ini di sekolah tersebut ada lebih dari 50-an siswa yang tekun berlatih tiga kali seminggu yakni Senin, Rabu dan Jumat. Mereka ditangani langsung oleh pelatih pelatih senior yang dipimpin mantan Kabid Binpres Pengprov PBVSI Sulut, Drs Estepanus Palili, yang saat ini merupakan Anggota Binpres KONI Sulut.

Palili juga didampingi Refli Surusa, yang juga adalah pelatih senior yang sempat menangani Tim Sulut di PON XVIII Riau Tahun 2012. Selain itu ada juga Jotje Markus, yang juga menjadi bagian dalam Tim Sulut saat berlaga di PON XIX Jawa Barat Tahun 2016 lalu.

Sementara Lasarus Elungan, juga menjadi bagian dalam tim pelatih saat cabang olahraga bola voli tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) baik di Riau maupun di Jakarta.(dni)

Komentar