Ketahanan Pangan, Yonzipur 19 Giatkan Peternakan Ayam Kampung Unggulan

Sulut238 views

METRO, Manado- Satu program kreatif kini tengah digencarkan korps Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata (YKN). Program ini sebagai bentuk antisipasi terjadinya krisis pangan yang disinyalir berlaku 2024 mendatang.

Komandan Yonzipur 19/YKN, Letkol Czi Hanif Tupen ST MIP, menyatakan sebagai upaya menerapkan ketahanan pangan bagi prajurit, pihaknya menggalakan peternakan ayam (Kampung Unggulan Balitbangtan), yang berlokasi di markas mereka di bilangan Kalawat, Minahasa Utara.

Inovasi ini, menurutnya sudah dua kali bergulir. Tahap pertama pihaknya sudah menikmati hasil peternakan dengan panen mencapai 1000 ekor. “Prajurit bisa menikmatinya dan ini sebagai ketahanan pangan jika tahun depan terjadi krisis pangan,” tutur Komandan yang kini sedang dinas di luar daerah.

Dibeber Komandan low profile tersebut, yang mereka ternakkan adalah jenis ayam unggulan, yaitu persilangan ayam kampung. Kemudian masa panen mencapai 70 hingga 90 hari atw sekira 3 bulan. Hasil panen ini lebih cepat dari ayam biasa yang bisa memakan waktu hingga 5 bulan.

Ayam KUB ini memiliki daya tahan tinggi akan penyakit. Dalam perawatan, ternak divaksin sekali dalam sebulan. Sedangkan kandangnya dibuat jaring terbuka, yang ramah lingkungan dan bebas bau.

“Bibitnya dikirim dari Tulungagung, Jawa Timur, sebut Danyon Hanif, sembari menambahkan program ini sudah pernah dipaparkannya kepada komando atas di Jakarta.(50)

Komentar