Lima Perlengkapan Berkendara yang Wajib Dipakai Pengguna Sepeda Motor

Otomotif171 views

METRO, Manado- Perlengkapan berkendara menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keselamatan di jalan raya, selain kondisi tubuh dan kondisi kendaraan.

Perlengkapan berkendara juga penting untuk meminimalisir resiko saat terjadi kecelakaan.

Instruktur Safety Riding Honda PT Daya Adicipta Wisesa (DAW), Yonathan Rotinsulu mengatakan, mengendarai sepeda motor tanpa perlengkapan berkendara sangat tidak disarankan.

“Perlengkapan berkendara harus dipakai agar berkendara tetap aman dan nyaman. Tubuh kita butuh perlindungan dari efek benturan, benda asing, cuaca, atau bahkan virus dan penyakit
yang mengintai,” ujarnya.

Menurut Yonathan, setidaknya ada lima perlengkapan berkendara yang perlu menjadi perhatian dan menjadi peranti wajib yakni helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

“Helm berfungsi melindung kepala dan otak kita dari dampak negatif benturan dengan jalan, benda asing, juga polusi udara. Contohnya, asap knalpot kendaraan lain yang tidak langsung terpapar ke mata saat menggunakan kaca helm dengan baik,” kata pria yang akrab disapa Natan ini.

Ia mengatakan, jaket berfungsi melindungi tubuh dari kontak langsung dengan jalan, benda asing, serta paparan langsung cuaca atau polusi. Upayakan jaket menggunakan bahan yang nyaman dan sesuai kondisi cuaca.

”Jangan memakai jaket kulit di daerah bersuhu panas, karena akan menyebabkan dehidrasi pada pengendara sehingga mengganggu konsentrasi akibat kekurangan cairan dan juga kenyamanan pengendara saat berkendara,” jelasnya.

Menggunakan sarung tangan, menurut Natan dapat mencegah kontak langsung dengan jalan atau terpapar cuaca dan polusi udara.

“Sarung tangan yang baik harus melindungi seluruh tangan dan jari, berukuran pas sehingga nyaman saat digunakan dan tidak mengganggu proses pengendalian sepeda motor,” ungkapnya.

Sementara celana panjang, kata Natan dapat melindungi tubuh bagian bawah dari kontak langsung dengan jalan, benda asing, serta paparan cuaca dan polusi. “Spesifikasi yang dianjurkan adalah berukuran pas, berbahan nyaman dan sesuai kondisi cuaca,” ucapnya.

Untuk sepatu mencegah kaki berkontak langsung dengan jalan, benda asing atau terpapar langsung oleh panas mesin, cuaca dan polusi.

“Penting untuk menggunakan sepatu berukuran pas untuk memaksimalkan pengendalian terhadap rem belakang, pedal perseneling (model sport dan cub), juga saat menurunkan kaki bila kendaraan berhenti,” terangnya.

“Hal lain yang juga menjadi poin penting dalam berkendara adalah selalu mengedepankan etika dan respek dengan pengendara lain,” imbuh Natan.(71)

Komentar