Dialog Kebangsaan HMI: Natanael Pepah Bicara Strategi Pemuda Menuju Indonesia Emas

Ekonomi23 views

METRO, Manado- Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) II, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Manado, Natanael Pepah, memaparkan strategi pemuda menuju Indonesia emas 2045, saat menjadi pembicara pada Dialog Kebangsaan yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Manado, Minggu (20/8/2023).

Menurut Natanael, untuk menuju Indonesia emas, pemuda Indonesia harus memiliki akses terhadap pendidikan berkualitas yang mampu mengembangkan keterampilan abad 21, seperti kemampuan berpikir kritis, kerja sama, komunikasi, dan solusi berbasis teknologi.

“Ini akan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan dunia kerja yang terus berkembang,” kata pria yang akrab disapa Natan ini.

Selain itu, menurut Natan, menuju Indonesia emas anak muda perlu didorong untuk menjadi pengusaha dan inovator.

“Mereka harus memiliki kreativitas untuk mengembangkan ide-ide baru dan kemampuan untuk menerapkannya dalam berbagai bidang, sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Kemudian, tambah Natan, anak muda juga harus memiliki kesadaran dan pemahaman yang mendalam tentang warisan budaya dan kearifan lokal.

“Hal ini tidak hanya memupuk rasa cinta terhadap identitas nasional, tetapi juga mendukung pelestarian budaya serta pemanfaatan potensi lokal dalam pembangunan,” jelasnya.

Point berikutnya, kata Natan, Pemuda harus dilatih untuk menjadi pemimpin yang efektif dan memiliki kemampuan manajerial yang kuat.

“Mereka harus mampu memimpin dengan integritas, etika, dan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat,” tukas pengusaha muda asal Winangun ini.

Tambahnya juga, pemuda perlu membangun jaringan dan kolaborasi dengan generasi yang lebih tua untuk mendapatkan pandangan yang beragam dan pengalaman hidup.

“Ini dapat membantu memperkuat pemahaman mereka tentang perjalanan bangsa dan tantangan yang dihadapi,” pungkas Natan.

Selain Natan, tampil dalam Dialog Kebangsaa ini Dosen Fakultas Hukum Unhair, Isyana Konoras SH,MH,Ph.D, juga Ketua Umum ICMI Muda Sulut, Takbier Wata.(71)

Komentar