Desa Wisata Darunu Mulai Ramai Dikunjungi, Warga Berencana Tambah Gazebo dan Dermaga

Pariwisata32 views

METRO, Manado- Spot wisata di Desa Darunu, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, mulai dilirik wisatawan.

Seperti yang diutarakan Beje Jacobus, Hukum Tua Desa Darunu, kepada media ini. Menurut Beje, sejak diresmikan sebagai desa wisata pada tahun 2023 lalu, Darunu telah dikunjungi oleh lebih dari 1.000 orang wisatawan lokal dan mancanegara.

“Kalau wisatawan kebanyakan ingin melihat sunset sambil menikmati kuliner dari warga lokal. Ada juga yang dari kalangan akademisi. Mereka meneliti flora dan fauna disini,” ujar Beje, saat ditemui pada Sabtu (25/5/2024).

Konsep wisata di Desa Darunu cukup menarik. Warga desa membangun dermaga dan gazebo-gazebo di tengah deretan tanaman mangrove, supaya wisatawan dapat menyusuri areal mangrove sambil menikmati pemandangan pantai dan laut.

Beje mengungkapkan, untuk menarik minat wisatawan, warga berencana melakukan pengembangan sarana prasarana, dengan membangun jembatan, gazebo baru, dan memperpanjang areal dermaga.

“Dermaga akan diperpanjang hingga spot penyelaman, supaya wisatawan yang ingin diving dan snorkeling tidak perlu lagi naik perahu ke titik penyelaman,” jelasnya.

Beje bilang, selain pembangunan sarana prasarana, warga desa juga dilatih keterampilan pembuatan kerajinan tangan untuk dijual, dan pembuatan bubu untuk menangkap kepiting.

“Hal ini penting untuk perekonomian warga desa, yang menggantungkan hidup dari sektor pariwisata,” ungkapnya.(71)

Komentar