Perayaan Dharmasanti Waisak 2024, Wali Kota Manado Ingatkan Umat Berefleksi Dari Buddha

METRO, Manado- Umat Buddha se-Sulawesi Utara (Sulut) merayakan Dharmasanti Waisak 2568 BE/2024, di Aula Serba Guna, Kantor Wali Kota Manado, pada Sabtu (8/6/2024) malam.

Dharmasanti Waisak dihadiri ratusan umat Buddha dari Manado, Bitung, Minahasa, dan Minahasa Utara, Bikhu Sangha, dan para pandita.

Dalam sambutannya, Wali Kota Manado, Andrei Angouw, berpesan agar seluruh umat Buddha di Sulut mengimplementasikan ajaran Sidharta Gautama dalam hidup bermasyarakat, dan berkolaborasi dengan umat dari agama lain.

“Harapan saya seluruh umat menjalankan ajaran Sang Buddha Gautama dengan benar, jangan hanya membaca tanpa mengimplementasikannya. Tak kalah penting untuk membuka diri dengan umat beragama lain sehingga terbina toleransi,” ujar Andrei.

Ia mengatakan, di peringatan Dharmasanti Waisak ini umat dapat merefleksikan diri dan merenungkan ajaran-ajaran Buddha Gautama, serta menjalankan kehidupan dengan penuh kebaikan, cinta kasih dan kedamaian.

“Semoga perayaan Dharmasanti Waisak membawa kedamaian dan pencerahan bagi semua umat,” ucap Andrei.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Dharmasanti Waisak, Frangky Muliawan, mengungkapkan perayaan di ruang serba guna milik Pemkot Manado merupakan bukti kepedulian dan dukungan pemimpin daerah terhadap umat Buddha.

“Tuan rumah Kota Manado menyediakan seluruh fasilitas acara. Kami berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan dengan baik antara umat Buddha dan Pemerintah Kota Manado,” kata Frangky.

Dharmasanti Waisak dimeriahkan penampilan Barongsai Kwan Seng Bio, atraksi Wushu Atlet Wushu Manado, dan tarian katrili dari siswa siswi Sekolah Tridharma. Di akhir acara, dilakukan pagelaran drama yang mengangkat kisah perjalanan suci ke barat.(71)

Komentar