oleh

Pemprop Didesak Anggarkan JKN KIS Untuk Rakyat Sulut

-Politik-46 views

METRO, Manado- Komisi IV bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mendesak Pemerintah Propinsi (Pemprop) untuk menganggarkan anggaran subsidi untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi rakyat Sulawesi Utara.

Menurut Ketua Komisi IV James Karinda, hal tersebut menguak di hampir seluruh agenda reses yang dijalani anggota dewan, pekan lalu.

“Warga mempertanyakan anggaran bantuan kesehatan dari propinsi. Karena selain banyak warga yang belum masuk keanggotaan, BPJS kesehatan kerap bermasalah yang disebabkan dengan aturan yang berganti-ganti,” ungkap Karinda dalam rapat pembahasan APBD Perubahan 2018 dengan Dinas Kesehatan, Senin (3/9/2018) siang.

Kepala Dinas Kesehatan dr Debby Kalalo sendiri menjelaskan bahwa pihaknya menunggu penganggaran Universal Coverage (UC) di kabupaten/kota.

“Di Sulut sendiri baru 7 kabupaten/kota. Dan kami akan menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh Komisi IV tadi setelah kabupaten/kota menganggarkan UC,” aku Kalalo.

Ia menambahkan bahwa pihaknya  akan melaksanakan rapat untuk membahas kemampuan anggaran dari kabupaten/kota.

“Karena kami harus tahu kemampuan anggaran untuk UC dari kabupaten/kota agar bisa menganggarkannya nanti di APBD,” tandas Kalalo.

Pada rapat tersebut turut hadir UPTD Dinas Kesehatan, antara lain RSUD Noongan, RSUD Ratumbuysang, RS Mata dan lainnya. 

Rapat pembahasan anggaran untuk Dinas Kesehatan dipimpin oleh James Karinda dan dihadiri ole Inggried Sondakh, Siska Mangindaan, Herry Tombeng, Lucia Taroreh, Meiva Lintang, Ritha Lamusu, Nori Supit dan Muslimah Mongilong. 

Penulis: Yinthze Lynvia Gunde