oleh

DPRD Sorot Subsidi Anggaran Rp5,6 M Gas Elpiji Untuk Guru

-Politik-82 views

METRO, Manado– Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulawesis Utara angkat bicara soal rencana Pemerintah Propinsi melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menganggarkan Rp5,6 miliar untuk mensubsidi gas elpiji 5,5 kilogram untuk guru.

Anggota Banggar Eddyson Masengi mengatakan bahwa pihaknya menilai program tersebut salah dan tidak tepat sasaran. 

“Guru yang notabene ada ASN (Aparatur Sipil Negara, res) sudah terima gaji dan juga sertifikasi. Masa mereka akan menikmati gas yang disubsidi padahal masih banyak rakyat miskin yang perlu dibantu,” ujar personel Komisi III bidang Pembangunan itu dalam rapat sinkronisasi Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah terkait APBD Perubahan 2018, Selasa (4/9/2018).

Ia berharap, anggaran untuk program tersebut di-breakdown ke usulan anggota-anggota Komisi III yang berkaitan dengan kepentingan publik lainnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil ketua Komisi III Amir Liputo. Menurut dia, anggaran yang diusulkan ESDM di APBD Perubahan 2018 itu sebaiknya diplot untuk kepetingan masyarakat yang tidak mampu.

“Untuk guru-guru, sebaiknya pemerintah menyusun program peningkatan kesejahteraan lain, juga untuk peningkatan kapasitas mereka sebagai tenaga pendidik,” tambah Liputo.

Sekretaris Daerah Propinsi Edwin Silangen mengatakan bahwa pihaknya mendengarkan masukan dari anggota dewan. 

“Ini akan menjadi masukan bagi kami,” singkat Silangen.

Penulis: Yinthze Lynvia Gunde