oleh

Irigasi Alami Kekeringan, Warga Minsel Curhat Harga Kopra

-Politik-90 views

Legislator daerah pemilihan Minsel-Mitra, Boy Tumiwa

METRO, Manado- Berbagai aspirasi diserap oleh anggota DPRD Sulawesi Utara saat menjalani reses ke II tahun 2018 di daerah pemilihan masing-masing. Salah satunya soal keringnya irigasi pertanian di Minahasa Selatan.

Hal ini disampaikan legislator Boy Tumiwa kepada wartawan, Sabtu (8/9/2018). Ia mengatakan, dirinya melaksanakan reses di tiga lokasi berbeda yakni di Desa Ranoyapo, Tenga dan Wawona Kecamatan Tatapaan.

Di desa Ranoyapo Kecamatan Ranoyapo,  jelas politisi PDI Perjuangan ini, pihaknya menerima aspirasi terkait kekeringan serta ancaman gagal panen akibat debit air di irigasi yang berkurang.

“Warga mengharapkan pemerintah memberikan perhatian untuk irigasi yang kini sudah kering,” ungkap Tumiwa.

Selain itu, kata dia, warga mengharapkan perhatian Pemerintah untuk membangun Sekolah Menegah Atas (SMA) di Kecamatan Ranoyapo.

Aspirasi soal bendungan kering juga diterima Tumiwa di desa Tenga dan Tawaan. 

“Ini memang harus jadi perhatian karena masyarakat Minsel banyak yang bergatung pada hasil pertanian,” tambah dia.

Sementara di Desa Wawona, kata Tumiwa warga berharap perhatian pemerintah terkait jalan Propinsi yang menghubungan Desa Wawona -Popareng dan Desa Wawona Pungkol. Juga persoalan pembagunan Talud.

“Dan juga warga setempat mengeluhkan harga kopra yang sangat anjlok,” tambah Tumiwa.

Menjawab aspirasi ini, ia menyatakan semua aspirasi ini akan disampaikan baik dalam rapat paripurna, maupun dengan melakukan koordinasi dengan pihak terkaitz

Apalagi jelas Tumiwa, SKPD terkait menjadi mitra kerjanya di Komisi III bidang Pembangunan sehingga akan memudahkan untuk memperjuangkan dan mengawal aspirasi masyarakat di dapilnya.

Sementara terkait harga kopra jelas Tumiwa Pemerintahan OD-SK telah melakukan upaya agar nilai beli kopra meningkat lewat membuka keran ekspor yang selama ini tutup, yang diharapkan dapat mendongkrak harga kelapa biji akan bersaing dengan pabrikan. 

Namun Tumiwa agar petani dapat memahami jika Kopra ditentukan harga pasar karena buka komoditi strategis.

“Tentu aspirasi ini akan menjadi perjuangan saya,” tandas dia.

Penulis: Yinthze Lynvia Gunde

Komentar