oleh

Penerbangan Davao-Manado Berpeluang Dibuka Kembali

Delegasi Davao dan Pemkot Manado (foto Reymond)

METRO, Manado- Penerbangan langsung rute Davao (Filipina)-Manado berpeluang dibuka kembali. Hal ini diketahui usai Delegasi Filipina mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Kota Manado, Jumat (7/9/2018).

Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan mewakili Walikota GS Vicky Lumentut menerima Delegasi Filipina yang akan bertemu dengan para stakeholder dalam inisiatif konektivitas Mindanao-Manado, khusus untuk menjajaki kemungkinan menghidupkan kembali penerbangan langsung antara Davao dan Manado.

“Setelah mereka bertemu dengan pemerintah Propinsi (Sulawesi Utara) mereka juga ingin bertemu dengan Pemerintah Kota Manado dalam rangka penjajakan untuk membuka penerbangan langsung Davao-Manado. Recananya penerbangan akan dilakukan oleh maskapai Philipine airlines 3 kali seminggu,” ungkap Wawali Mor.

Dia melanjutkan, pihak Delegasi Filipina ingin mengetahui lebih lanjut tentang potensi dan kondisi Kota Manado saat ini.

“Jadi saya menjelaskan mengenai letak, luas dan jumlah penduduk yang ada. Apa yang menjadi kelebihan dari Kota Manado termasuk pariwisatanya dan event-event yang diselenggarakan di Kota Manado,” jelasnya.

Wawali Mor mengatakan Pemerintah Kota Manado menyambut baik rencana dibukanya kembali penerbangan langsung rute Davao-Manado. Penerbangan rute ini memang sempat dibuka beberapa waktu lalu tapi kemudian ditutup.

“Ini saatnya untuk membuka kembali jalur penerbangan tersebut sehingga dapat menghubungkan tujuan-tujuan wisata yang ada baik di Indonesia maupun di Philipine itu sendiri. Orang manado bisa lebih mudah ke Manila lewat Davao, dan sebaliknya orang Davao atau Philipine bisa lebih mudah ke Bali, Sorong dan sebagainya lewat Manado. Jadi sama sama saling menguntungkan,” ujar Wawali.

Pada pertemuan tersebut,Wawali juga menjelaskan bagaimana lonjakann turis dari negeri China yang begitu banyak datang ke Kota Manado. Dan tidak menutup kemungkinan juga turis asal China tersebut bisa meneruskan penerbangan mereka ke Davao.

Berikut ini adalah anggota delegasi Filipina:
1. Department of Trade and Industry Undersecretary, Abdulgani Macatoman (Head of Delegation)
2. Mindanao Development Authority Assistant, Secretary Romeo Montenegro (Deputy Head of Delegation)
3. Vice Consul, Manuel C. Ayap, Philippine Consul General in Manado
4. Mr. Charlie T. Yu, Philippine Airlines (Group Leader)
5. Mr. Enrico Nabong, Philippine Airlines Manila
6. Representative from PAL Express
7. Mr. Jeremiah Reyes, Commercial Attache, Jakarta
8. Mr. Bryan Sansolis, Philippine Airlines, Jakarta.

Penulis: Reymond Fransisco

Komentar