oleh

KPU Bitung Coret 1.067 Pemilih

-Minut & Bitung-89 views

METRO, Bitung- Dalam rangka perhelatan Pemilu 2019, KPU Bitung memplenokan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan atau DPT-HP. Pleno tersebut berlangsung pada Jumat (14/09/18) siang, di kantor instansi itu di Kecamatan Matuari.

“Pleno baru dilaksanakan tadi karena ada gangguan. Sejak kemarin server Sidalih (Sistem Data Pemilih,red) sulit diakses,” ujar Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw.
Ia pun memastikan mekanisme tersebut tidak melanggar. Semua parpol maupun Bawaslu selaku stakeholder tidak keberatan.
“Sudah sesuai tahapan dan mekanisme yang berlaku,” katanya.
Terpisah, Komisioner KPU Bitung Divisi Perencanaan Data dan SDM, Idhli Rahmadiani, membeberkan hasil pleno tersebut. Menurut dia, dibanding DPT yang ditetapkan sebelum ini, terjadi pengurangan jumlah pemilih yang mencapai ribuan.
“Total DPT-HP sebanyak 137.908 orang. Artinya lebih sedikit dari DPT yang ditetapkan terakhir, yakni 138.975,” ungkapnya.
Dicoretnya 1.067 pemilih bukan tanpa alasan. Dalam perbaikan yang dilakukan oleh KPU Bitung, selisih tersebut memang bermasalah.
“Ada yang namanya muncul di beberapa TPS, ada juga yang KTP-nya ganda. Otomatis itu harus dirapikan karena memang tidak boleh,” terangnya.
Kecuali daftar pemilih, jumlah TPS pun turut mengalami koreksi. Jika sebelumnya di seantero Bitung terdapat 677 TPS, kini berkurang dua menjadi 675 TPS.
Adapun ringkasan hasil pleno DPT-HP ialah, total TPS 675 buah, total pemilih laki-laki 69.545 orang, total pemilih perempuan 68.363 orang, dan keseluruhan jumlah pemilih 137.908 orang.

Penulis: Berty Sampul

Komentar