oleh

PDIP-NasDem-PKPI Kuasai DPRD Bitung

 

METRO, Bitung- KPU Bitung telah menuntaskan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019. Rapat tersebut berlangsung hingga Minggu (05/05/2019). Nah, siapa 30 anggota DPRD Bitung terpilih telah diketahui.
Berdasarkan data yang didapat selama pelaksanaan rapat pleno tersebut, PDI Perjuangan jadi partai pemenang di Kota Cakalang. Partai berjuluk Moncong Putih itu meraup 26.832 suara, atau naik 12 ribu lebih dibanding hasil Pemilu 2014.
Selanjutnya, di peringkat kedua ada partai penguasa di Kota Bitung, yakni Partai NasDem. Partai ini mendapatkan dukungan sebanyak 22.516 suara, atau naik 10 ribu lebih dibanding lima tahun lalu.
Sementara itu, bekas partai terkuat di Kota Bitung, PKP Indonesia, menempati peringkat ketiga perolehan suara. Partai berlambang Burung Garuda itu meraup total suara sebanyak 14.691.
Dengan perolehan ini tiga partai tersebut jadi penguasa DPRD Bitung. Mereka total mengoleksi 20 kursi di lembaga tersebut, dengan rincian 8 kursi milik PDI Perjuangan, 7 kursi milik Partai NasDem, dan 5 kursi milik PKP Indonesia. Adapun 10 kursi tersisa dimiliki oleh Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Perindo (selengkapnya lihat grafis).
Menariknya, Pemilu 2019 ini mengulang sejarah pemilu sebelumnya. Yang mana caleg pendatang baru lebih banyak yang terpilih dibanding caleg petahana. Perbandingannya kala itu 21 caleg pendatang baru dan 9 caleg petahana.
Tahun ini pun tak jauh beda dengan hasil tersebut. Caleg petahana yang terpilih cuma 12 orang, sedangkan sisanya yang lebih banyak justru gagal. Mereka diantaranya tiga pimpinan DPRD Bitung saat ini, yaitu Laurensius Supit, Yulita Takalamingan, serta Jerry Lengkong.
Terkait hasil rapat pleno dimaksud, Ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw memberi penjelasan. Menurut dia, setelah ini pihaknya akan menggelar tahapan serupa untuk menetapkan calon terpilih.
“Iya, jadi itu baru pleno hasil perolehan suara, belum masuk ke penetapan. Untuk penetapan akan dilakukan setelah ini sesuai jadwal. Paling lambat tanggal 22 Mei nanti sudah kita laksanakan,” terangnya.
Deslie pun berharap pelaksanaan Rapat Pleno Penetapan Calon Terpilih berlangsung lancar. Ia mengharapkan dukungan dari semua pihak, baik parpol peserta pemilu maupun TNI/Polri selaku aparat keamanan.
“Jadi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama aparat keamanan. Kedepan kami berharap kerjasama serupa terus terjadi, agar seluruh tahapan Pemilu 2019 di Bitung berjalan lancar,” tukasnya.(bds)

Komentar