oleh

Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Pangdam XIII Merdeka Pertandingkan Tiga Kategori

“Salah satu partai yang dipertandingkan pada Kejuaraan Pencak Silat Piala Pangdam XIII Merdeka Tahun 2017 lalu.

KEJUARAAN Terbuka Pencak Silat Piala Panglima Kodam (Pangdam) XIII Merdeka dipastikan akan berlangsung di Aula Grhadika Jaya Sakti, Kodam XIII/Mdk, 28-30 Oktober 2018 mendatang.

Pada kejuaraan yang diketuai Kolonel Cnb Totok Surahmat, ada tiga kategori yang akan dipertandingkan. Informasi dari Yunike Tumengkol, coordinator wasit juri Pengprov IPSI Sulut, kategori yang dipertandingkan adalah Dewasa, Remaja dan Tunggal Baku.

Menurut Tumengkol, salah satu wasit juri cabor pencak silat Sulut berlisensi international, dari tiga kategori yang dipertandingkan, untuk dewasa putra ada sembilan kelas, sementara putri lima kelas. “Persyaratan umum untuk kategori dewasa adalah berusia 17 tahun hingga 28 tahun atau kelahiran 1 Januari 1990 s.d. 1 Januari 2991,” katanya.

Sementara untuk kategori remaja putra ada sembilankelas dan putri ada enam kelas. Persyaratan untuk kategori remaja adalah kelahiran 1 Januari 2001 s.d. 1 Januari 2004. “Kemudian untuk kategori tunggal baku, persyaratan usia adalah 14 tahun s.d. 28 tahun baik putra dan putri,” jelas Tumengkol.

Untuk prosedur pendaftaran, menurut Tumengkol, calon peserta atau klub yang akan mendaftarkan atletnya mengirimkan daftar nama sesuai kategori yang akan diikuti ditujukan ke email panitia bidang secretariat riedsdels@gmail.com dari tanggal 14 September 2018 s.d. 25 Oktober 2018.

“Karena kuota peserta dibatasi 300 atlet, diminta kepada calon peserta untuk segera mendaftarkan diri dengan menyertakan syarat seperti surat keterangan dokter, foto copy akte kelahiran atau ijazah terakhir, foto copy KTP bagi peserta kategori dewasa, surat mandat/rekomendasi dari organisasi yang mengutus, foto berwarna 3×4 berwarna 3 lembar.

“Sistem pertandingan, untuk kategori tanding menggunakan system gugur, tunggal baku bila peserta lebih dari tujuh peserta akan diterapkan system pool, pertandingan kategori tanding dipimpin wasit dan dibantu lima orang juri. Setiap kelas yang hanya diikuti tiga peserta tidak akan dipertandingkan,” imbuh Tumengkol.

Sementara untuk hadiah pemenang, menurut Tumengkol akan mendapatkan hadiah dalam bentuk medali, piagam bahkan uang pembinaan yang sudah diatur oleh pihak panpel. Selain itu, juga disediakan hadiah dalam bentuk trophy dan uang pembinaan bagi kontingen yang berhasil menjadi juara umum.

Penulis : Denny Andries

Komentar