oleh

Pemdes Diminta Berinovasi Dalam Program Dandes

-Totabuan-46 views

Kepala DPMD Boltim Slamet Umbola SE

METRO, Boltim- Program Dana Desa (Dandes) untuk 80 Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diperkirakan akan naik sampai Rp1,5 miliar per desa. 

Seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan memanfaakan Dandes lewat program-program inovatif dimasing-masing desa. 

“Kami minta Pemdes harus berinovasi dalam program Dandes. Jangan setiap tahun itu itu saja program dilaksanakan, jadi harus berinovasi. Ini sebetulnya tujuan dari Nawacita Presiden RI,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim Slamet Umbola SE saat dalam sosisalisasi Program Inovasi Desa (PID) dihadapan seluruh aparat desa, pendamping desa baru-baru ini. 

Sebab menurut dia, selama ini hampir semua desa menggunakan Dandes hanya terfokus pada program rutin setiap tahun anggaran. Padahal begitu banyak program non fisik yang tidak kalah penting lainnya untuk menggerakan ekonomi masyarakat lebih cepat dan berkembang. 

“Nah, ini tentunya perlu pemikiran inovatif dari pemerintah atau lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Karena sasaran Dandes tidak hanya mentok pada pembangunan fisik saja tetapi juga pengembangan SDM,” tambah  Slamet. 

Ia berharap, Dandes tahun 2019 mendatang lewat PID, akan mendorong selurung Pemdes menggunakan Dandes pada program yang berbeda atau tidak monoton. 

Penulis: Erwin Winerungan

Komentar