oleh

ABK Asal Sulut Mengadu Soal Gaji Ke Komisi IX DPR-RI

-Sulut-60 views

Rumu dihadapan anggota Komisi IX DPR-RI

METRO, Manado – Robert Philipus Rumu, Anak buah kapal (ABK) asal Sulawesi Utara berkesempatan untuk menyampaikan curahan hati ke sejumlah wakil rakyat yang duduk di DPR RI, Selasa (18/09/2018).
“Kami mempertanyakan standardisasi gaji pekerja kapal supaya jelas akan kesejahteraan para ABK dan keluarganya,”ujar Rumu dihadapan personel Komisi IX DPR-RI yang melakukan kunjungan kerja ke Sulut.
Penegasan yang sama diutarakan Alan Tuwolambung selaku pengurus Pergerakan Pelaut Indonesia di Sulawesi Utara yang meminta kejelasan standardisasi yang berlaku di Internasional Maritime Organization terkait upah/gaji. Terlebih sesuai tingkat pendidikan yang dapat diberlakukan oleh pemilik kapal.
Dalam pertemuan yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut Edison Humiang di ruang Tumbelaka Kantor Gubernur, penyampaian Rumu bersama rekan-rekan Pengurus Pergerakan Pelaut Indonesia di Sulawesi Utara langsung direspon positif.
Komisi IX DPR RI yang hadir dipimpin oleh Pius Lustrilanang dari Fraksi Partai Gerinda juga menanyakan kepada pemerintah daerah serta instansi terkait kepesertaan pelaut dalam jaminan sosial.
Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erny Tumundo, Kepala Dinas Perhubungan Lynda Watania, Kepala Badan Perbatasan Djemmy Gagola dan sejumlah instansi yang terkait seperti BPJS-TK dan BNP2TKI.

Penulis: Caesar Tombeg

Komentar