oleh

DPMD Boltim Latih Tim Pelaksana Inovasi Desa

-Totabuan-37 views
Pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa
METRO, Boltim – Sedikitnya 25 peserta sebagai Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengikuti pelatihan tentang Program Inovasi Desa (PID) sejak, Kamis (20/09) hingga Sabtu (22/09/2018) di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Boltim Drs. Rusdi Gumalangit, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim Slamet Umboa,SE dan Kepala Bappeda Ikhsan Pangalima,SPi.
Sekretaris DPMD Rosita Pobela,SE dalam laporannya mengungkapkan  tujuan pelatihan TPID ini agar peserta mampu meningkatkan pengelolaan pengetahuan inovasi secara sistematis, terencana dan parsipatif dalam melaksanakan kegiatan pembangunan desa yang inovatif dan berkualitas sebagaimana amanat UU Desa Nomor 6 tahun 2014. Kemudian keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 48 Tahun 2018 tentang penetapan umum Program Inovasi Desa (PID).
Lanjutnya, dasar lainnya yaitu keputusan Direktuer Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 01 tahun 2018 tentang petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi program pembangunan pemberdayaan masyarakat desa tahun 2018.
“Peserta pelatihan terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Perwakilan Tim Dientifikasi dan Perwakilan tim Verifikasi serta TPID di 5 Kecamatan,” tambah Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Susan Emor,SE didamping Kepala Seksi Tuti Logor,ST kepada koran ini.
Wabup sendiri ketika ditemui METRO berharap agar hasil dari pelatihan terhadap TPID bisa menjadi nyata di masyarakat. Ujungnya juga adalah terlaksananya bursa inovasi desa yang bisa menggerakan pertumbuhan ekonomi pedesaan.
“Sasaran PID dalam rangka mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa yang efektif, efisien dan tepat sasaran,” jelasnya.
Penulis: Erwin Winerungan

Komentar