oleh

Sasingen Soroti Pejabat Doyan Pelisir

-Nusa Utara-52 views

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen SE

 

 

METRO, Sitaro- Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen SE dan Drs John Palandung MSi menggelar tatap muka perdana dengan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup pemerintah daerah, baik kalangan pejabat pimpinan SKPD hingga staf pegawai, Selasa (02/10/2018) pagi tadi.

Pada kesempatan itu, Bupati menyoroti beberapa oknum pimpinan SKPD yang doyan pelisir atau kerap memonopoli perjalanan dinas. Menurut dia, selama mendampingi Bupati Kepualaun Sitaro dua periode Toni Supit SE MM, Sasingen kerap mengamati kiprah para pejabat pimpinan SKPD termasuk aktivitas keluar daerah.

 

“Paling utama di sini mengenai perjalanan dinas. Yang perlu saya himbau, mari kita belajar saling membagi. Karena ada yang bilang, bagaimana yang dibawah boleh pandai kalau ada monopoli. Mohon maaf, jadi maksud saya begini, ketika ada sesuatu (tugas luar), libatakan kepada seksi atau bagian yang menangani pekerjaan dimaksud,” tukas Sasingen.

Bupati mencontohkan ada urusan dinas terkait hal teknis suatu bidang pada SKPD tertentu. Dalam hal ini Sasingen berharap para pejabat bisa melibatkan staf di bidang tersebut.

 

“Jangan full kadis yang tangani. Berikan keleluasaan kepada kepala seksi atau staf yang ada. Apabila masih ada yang demikian, kepala seksi atau kepala bidang bisa protes kepada pimpinan SKPD,” ujarnya.

 

“Karena ini termasuk dalam bagian pengkaderan. Tidak selamanya kadis ada disini dan kita harus mempunyai regenrasi,” sambung Sasingen.

Ditambahkan, perlunya rotasi perjalanan dinas dalam suatu SKPD untuk menambah pengetahuan bagi para staf pegawai terkait teknis pekerjaan diluar daerah.

 

“Misalnya mendapatkan undangan dari pusat. Mereka (staf pegawai) juga bisa belajar bagaimana melaksanakan tugas diluar daerah. Jangan suruh kadis yang berangkat. Bawah proposal, tanda tangan, selanjutnya sosialisasi dimana? Coba kita jujur, selanjutnya sosialisasi dimana,”tanya Sasingen dan disambung oleh para staf pegawai dengan menyebut beberapa nama tempat tertentu.

 

“Jadi mari kita belajar membagi. Membagi itu bagian dari berkat. Berkat yang diterima yaitu pelajaran menyangkut pekerjaan dan berkat perjalanan dinas,” kuncinya.

 

Penulis: Vian Hermanses

Komentar