oleh

Pelayanan UPTD Pendapatan Samsat Manado Terbaik di Indonesia

-Sulut-73 views

Olvie Atteng SE, MSi

 

METRO, Jakarta – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendapatan Manado Bapenda dinilai layak menerima Penghargaan dengan Nilai B, (Kategori Baik), bersama 4 UPTD Pendapatan (Samsat) lainnya se Indonesia.

Hasil ini merupakan bagian penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik pada tahun 2018 telah melakukan evaluasi kinerja unit pelayanan publik tertentu pada pemerintah daerah terpilih.
Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Badan, Olvie Atteng SE, MSi selaku pembina dari UPTD Manado dari Menteri PANRB, Syafruddin di Balai Kartini Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Atteng menyatakan sangat bersyukur hasil kinerja jajarannya dinilai terbaik melalui enam aspek yang dinilai, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik (SIPP), konsultasi dan pengaduan serta inovasi yang kemudian disilangkan untuk menghasilkan indokator dengan enam prinsip evaluasi yakni keadilan, partisipasi, akuntabilitas, transparansi, berdayaguna, dan aksesibilitas.

Sementara itu Menteri PANRB, Syafruddin menegaskan bahwa evaluasi bukan untuk menentukan benar atau salah, bukan pula untuk menumbuhkan kompetisi yang meng-gradasi kualitas pelayanan publik dan bukan sebagai “pacuan/perlombaan” yang mendiskriminasi kualitas.

“Evaluasi dimaksudkan untuk memberikan asistensi bagi kekurangan sehingga bisa diperbaiki, serta mendorong terwujudnya clean and good governance, serta lebih mendorong bagaimana pelayanan itu bermanfaat langsung bagi rakyat,” tegas Menteri.(CTG)

Komentar