oleh

Kontraktor Tol Didesak Segera Perbaiki Jalan Desa

-Minut & Bitung-82 views

Salah satu ruas jalan di Airmadidi yang rusak imbas dari proses pembangunan jalan tol

 

 

METRO, Airmadidi – Sesuai rencana jalan tol Manado-Bitung akan diresmikan Maret nanti oleh Presiden RI Joko Widodo. Namun warga Minahasa Utara menuntut agar semua jalan desa dan jalan kelurahan yang rusak akibat proses pembangunan jalan tol itu oleh kontarktor untuk segera diperbaiki.

Masyarakat menuntut agar perusahaan BUMN yang mengerjakan proyek triliunan tersebut untuk memperperbaikinya. Sejumlah BUMN yang memenangkan tender proyek jalan tol tersebut diantaanya PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama,PT Waskita Karya,PT Wijaya Karya,PT Hutama Waskita dan PT Nindya Karya BK dalam aktifitasya telah merusak fasilitas umum yang sehari-hari digunakan warga Minut. Kendati beberapa perusahaan sudah melakukan kesepakatan dengan warga akan memperbaikinya namun hingga saat ini belum menunjukkan itikad baik.

Aktifis Minut William S Luntungan mengatakan warga akan melakukakan aksi jika perusahaan-perusahaan BUMN ini tidak memperbaiki jalan-jalan tersebut. “Selama ini warga cukup kooperatif dengan mereka. Berbulan-bulan warga harus melewati jalan rusak karena dilalui oleh truk-truk pengangkut material proyek tol yang melebihi kapasitas beban jalan. Kami minta segera perbaiki seperti semula, sapa pun ngoni pe backingan torang nda pake,” sembur Luntungan.

Di sisi lain Luntungan mendesak agar Pemerintah Minut pun turut memantau tenaga-tenaga kerja lokal Minut yang sebentar lagi akan berakhir. “Perusahaan jangan habis manis sepah dibuang. Tuntaskan kewajiban kapada Naker lokal sesuai Undang-undang ketenagakerjaan tentang hak dan kewajiban. Kalau nyanda, ngoni akan berhadapan dengan warga,” pungkas Luntungan.(RAR)

Komentar