oleh

Lewati Target, Partisipasi Pemilih di Mitra Meningkat

-Minsel & Mitra-57 views

Suasana saat pemilihan di salah satu TPS di Mitra.(ist)

 

 

 

 

METRO, Ratahan – Kesadaran warga di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) untuk menggunakan hak politiknya pada Pemilihan Umum atau Pemilu, nampaknya terus menunjukkan adanya peningkatan. Ini terlihat dari partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pemilu, 17 April 2019 yang naik 3 persen dari Pilkada 2018 lalu.

Meski masih bersifat sementara, namun pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mitra mengklaim, partisipasi pemilih pada Pemilu, mencapai angka 90,2 persen dari 83.850 jumlah pemilih di Mitra yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT. “Pilkada 2018, partisipasi pemilih hanya 87 persen, sedangkan Pemilu 2014 lalu, hanya 79 persen,” ujar Komisioner KPU Mitra, Irfan Rabuka.

Angka ini sendiri, diakui Rabuka melampaui target mereka untuk partisipasi Pemilih pada Pemilu yang hanya mematok angka 90 persen. Rabuka menjelaskan, angka 90,2 persen tersebut, berdasarkan hitungan perolehan suara calon presiden dan wakil presiden pada aplikasi sistem perhitungan atau Situng Pemilu. “Data di situng, perolehan suara dua pasangan capres/cawapres berjumlah 75.645. Tapi ini masih bersifat sementara, karena angka resminya baru akan diketahui sesudah pleno HPPS (hasil perhitungan perolehan suara) tingkat Kabupaten,” jelas Rabuka.

Meningkatnya partisipasi pemilih ini sendiri, membuat pihak KPU Mitra sumringah. Pasalnya, hasil ini mampu menepis keraguan maupun kritik yang disampaikan sejumlah pihak terkait pelaksanaan sosialisasi sebelum pencoblosan. “Inilah hasilnya. Partisipasi pemilih meningkat, dan ini bisa dicapai karena kita bekerja maksimal dalam melaksanakan sosialisasi maupun ajakan kepada warga untuk gunakan hak pilih,” tukas Komisioner KPU Mitra Divisi Sosialisasi, Parmas, dan SDM, Otniel Wawo.(ian)

Komentar