oleh

DPRD Bolmong Bakal Dihuni 20 Pendatang Baru, 13 Incumbent Gagal

-Totabuan-203 views

Pleno KPU Bolmong

 

METRO, Bolmong – 13 petahana yang kembali maju dalam pesta demokrasi pemilihan anggota DPRD Bolmong diprediksi tumbang. Hal tersebut berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan hasil Penghitungan Perolehan Suara, tingkat Kabupaten pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmong, di Gedung Bagas Raya Yadika, Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Jumat (3/05) peka lalu.

Meskipun pleno tersebut bukan rapat pleno penetapan kursi. Komisioner KPU Bolmong Divisi Data dan Informasi, Afif Zuhri mengatakan, untuk pleno penetapan kursi untuk 30 anggota DPRD Bolmong akan digelar setelah pleno rekap perolehan suara selesai hingga tingkat nasional dalam hal ini KPU RI. “Kemungkinan sekitar Juni atau Juli 2019, untuk penetapan kursi. Yang baru selesai kita laksanakan adalah pleno rekap perolehan suara,” ungkap Afif usai rapat pleno terbuka.

Dikatakannya, rapat pleno yang digelar KPU Bolmong baru rekap perolehan suara, tapi untuk parpol yang berhak memiliki kursi di DPRD termasuk jumlah kursi masing-masing parpol, hingga siapa caleg yang berhak duduk nanti sudah bisa terlihat. “Saat direkap dan dirangking, maka parpol mana saja yang mendapatkan kursi di tiap Dapil sudah bisa kelihatan. Intinya, dari hasil rekap perolehan suara ini, 30 kursi anggota DPRD Bolmong periode 2019-2024 sudah bisa diketahui, tinggal ditetapkan saja,” tuturnya.

Ke 13 Incumbent anggota DPRD Bolmong yang diprediksi gagal yakni untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1, Lolak-Sangtombolang, ada Vera Moren Pandelaki (Golkar), Slamet Kohongia (Demokrat) dan Esra Panese (Gerindra). Sedangkan di Dapil 2, Poigar-Bolaang-BolaangTimur. Ada nama Tedi Nikijuluw Jong (Gerindra), dan Evanglin Mahabir (PAN). Di Dapil 3, Passi Barat-Passi Timur-Bilalang. Petahana Thamrin Mokoginta (Demokrat) juga dipastikan gagal mendapatkan kursi kembali.

Sementara di Dapil 5, Dumoga-Dumoga Timur-Dumoga Tenggara. Elsye Pitoy (PDIP), Suni Jumensi Agrid Dampi (PDIP), Robby Garry Giroth (Golkar), Ramly Manggopa (Demokrat) dan Ferry Rengkuan (PAN).

Dan terakhir Dapil 6. Dumoga Barat-Dumoga Utara-Dumoga Tengah. I Nengah Sukarma (PDIP) dan I Made Suarinta (PAN).

Sementara, Lima petahana lainnya, Swempri Rugian (PDIP), Sunyoto Paputungan, (Demokrat), Dony Lumenta (Demokrat), Musli Manoppo (PAN), dan Ahadin Mamonto (PAN) memilih pensiun dan tidak kembali mencalonkan diri pada Pemilu Legislatif 2019. Sedangkan Yusra Alhabsyi (PKB) dan Deddy Senduk (Gerindra) memilih bertarung di tingkat DPRD Provinsi Sulut, dari Dapil Bolaang Mongondow Raya.

Berbeda dengan 10 incumbent penghuni gedung rakyat Bolmong lainnya yaitu, Tonny Tumbelaka (PDIP), Lesly Lanny Kaligis (PDIP), Mas’ud Lauma (PDIP), Welty Komaling (PDIP), Sutarsih Mokodompit (PKB), I Ketut Sukadi (Golkar), Marthen Tangkere (Golkar), Abdul Kadir Mangkat (Golkar), Mohammad Syahrudin Mokoagow (PKS), dan Chindra Opod (Nasdem). Mereka bersama 20 Aleg pendatang baru diprediksi melenggang mulus susuk di 30 Kursi DPRD Kabupaten Bolmong periode 2019-2024. (Tr-1)

Berikut prediksi 30 anggota DPRD Bolmong berdasarkan rekap perolehan suara:

DAPIL 1 : 5 KURSI

1.Supandri Damogalad (PKB)

2.Tonny Tumbelaka (PDIP)

3.Sulhan (Golkar)

4.Sukron Mamonto (Nasdem)

5.Satira Manoppo (PPP)

DAPIL 2 : 7 KURSI

1.Teti Kadi Mamonto (PKB)

2.Wolter E Barakati (PDIP)

3.Marthen Tangkere (Golkar)

4.Masri Dg Masenge (Nasdem)

5.Popie Pandeirot (Demokrat)

6.Fazal Alzagiadi (PAN)

7.Nevi Mamonto (PKS)

DAPIL 3 : 4 KURSI

1.Sutarsi Mokodompit (PKB)

2.Lesly Lanny Kaligis (PDIP)

3.Chindra Opod (Nasdem)

4.Saidin Mokoginta (PKS)

DAPIL 4 : 3 KURSI

1.Febrianto Tangahu (Nasdem)

2.Masud Lauma (PDIP)

3.Abdul Kadir Mangkat (Golkar)

DAPIL 5 : 5 KURSI

1.Victor Lumapow (PDIP)

2.Ramono (PDIP)

3.Yansen Mokoginta (Nasdem)

4.Jeifi Mamangkey (Golkar)

5.Aske Iroth (Nasdem)

DAPIL 6 : 6 KURSI

1.Novita Kosasi (PKB)

2.Welty Komaling (PDIP)

3.I Ketut Sukadi (Golkar)

4.I Wayan Gede (Nasdem)

5.Syahrudin Mokoagow (PKS)

6.Harianti Kiay Mastari (PPP)

 

Sumber : KPU Bolmong

Komentar