oleh

Lurah-lurah Curhat Masalah Tambang TTN ke Nick Lomban

Nick Lomban saat menyerap aspirasi di Kecamatan Ranowulu

METRO, Bitung– Anggota DPRD Sulawesi Utara, Nick Adicipta Lomban menjalankan masa reses perdana di daerah pemilihannya, Kota Bitung, Rabu (11/12/2019). Tepatnya di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu.

Reses Nick ini dihadiri oleh Camat Ranowulu, Diana Ellen Sambiran dan 10 Lurah di wilayah Ranowulu, serta ratusan warga.

Berbagai aspirasi di sampaikan oleh para Lurah, di antaranya Lurah Pinasungkulan Jory Lomboan dan

Lurah Dua Sudara  lucky Runtuwene, yang menyampaikan keluhan masyarakat soal dampak dari pertambangan PT MSM dan PT TTN yang telah menyebabkan kerusakan ringan rumah warga.

“Kebisingan aktifitas tambang juga sangat mengganggu. Begitupun perekrutan tenaga kerja yang tidak mempertimbangkan warga dekat tambang. Bahkan, karena masalah ini, warga sempat demo memblokir jalan,” ungkap Lurah Lomban.

Sementara Lurah Kumeresot, Steven Moningka meminta agar dibangun SMK Pertanian, karena hampir seluruh warganya adalah petani.

Sedangkan warga Pinongkalan, lewat Lurah meminta perhatian soal jalan tol Manado-Bitung, yang pembangunannya telah menutup akses pertanian di wilayahnya.

Menjawab aspirasi ini, Nick Adicipta Lomba yang juga adalah anggota Komisi II bidang Perekonomian dan Keuangan menyatakan, aspirasi yang disampaikan, ada yang menjadi kewenangan Pemerintah Propinsi dan ada yang menjadi domain Pemkot Bitung.

“Sedangkan persoalan yang berkaitan dengan Komisi II sebagai mitra kerja, akan dipelajari dan dikomunikasikan serta diperjuangkan. Baik yang menyangkut pertanian, perkebunan maupun juga kelautan,” tukas Ketua Fraksi Partai NasDem yang didamping staf ahli fraksi, DR Viko Onga.

Pada kesempatan ini, Ketua Fraksi Nick Adicipta Lomba juga mengapresiasi Pemkota Bitung terkait rencana kenaikan Dana Kelurahan yang mencapai Rp500 juta dari sebelumnya Rp375 juta. (YSL)