PLN Suluttenggo Tingkatkan Mutu Pendidikan

Ekonomi399 views

METRO, Manado- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) menggelar stakeholder visitation yang dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom di dua tempat berbeda, pada Selasa (23/6), di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknas) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu, Muh. Wardi Hadi, dan Manager SDM dan Umum PLN UIW Suluttenggo, Galih Chrissetyo. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Irwan Lahace.

Informasi yang diperoleh METRO menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun hubungan silahturahmi antara PLN dan stakeholder, untuk melihat potensi dan harapan setiap stakeholder, serta menggali potensi kerjasama dalam menyukseskan program stakeholder yang mempunyai keterkaitan dengan dukungan PLN sebagai BUMN yang berfokus pada peningkatan customer experience.

Dalam pemaparannya, Manager SDM dan Umum PLN UIW Suluttenggo, Galih Chrissetyo mengungkapkan, PLN menyadari bahwa pendidikan adalah investasi masa depan, maka sebagai bentuk komitmen dan dukungan PLN melalui program CSR dan PKBL yang dapat mendukung bisnis inti perusahaan, mendukung program pemerintah dan sustainable development goals, dan terkait program sinergi antara BUMN dengan pihak stakeholder.

“Terkait program-program tersebut, bentuk nyata dari sinergi antara PLN dan Dinas Pendidikan yaitu PLN dapat berkontribusi sharing ilmu tentang kelistrikan ke sekolah-sekolah di Sulteng melalui goes to school,” ujar Galih.

Menurutnya, PLN juga akan memberikan sarana dan akses yang nantinya dapat memudahkan siswa dalam belajar guna membantu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan seperti bantuan sarana komputer PLN Peduli. Selain itu, PLN juga menyiapkan tempat bagi siswa dan mahasiswa yang mau pratikum atau magang di PLN,” jelas Galih.

“Memang harus dipersiapkan dengan matang program-program yang sudah disiapkan, agar eksekusinya dapat berjalan lancar,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tengah, Irwan Lahace menyambut baik inisiasi PLN dalam rangka pengembangan SDM melalui program CSR dan PKBL yang berorientasi pada bantuan pendidikan dan pelatihan.

“Pendidikan merupakan salah satu fondasi yang kuat untuk membentuk SDM unggul, guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk itu kami mengharapkan program-program yang telah disusun agar dapat dikoordinasikan dengan baik, dan manfaatnya tepat sasaran,” ungkap Irwan.

Dia menyebut, terkait program yang melibatkan peningkatan kompetensi sumber daya manusia, pendidikan karakter sangat penting diajarkan di semua sekolah karena mendidik siswa untuk menanamkan karakter dalam dirinya untuk berinovatif dan santun dalam menjalankan tugas dan kewajibannya hari-hari, baik di rumah maupun dillingkungan sekitarnya.

“Itu adalah sangat penting dan dalam pendidikan karakter di sekolah, semua komponen harus dilibatkan termasuk PLN,” pungkas Irwan.(71)