Singal-Legiman Mundur, Pilkada Minut Tanpa Paslon Perseorangan

BAGI Ke :

Drs Sompie Singal dan Endang Sisilia Legiman saat pendaftaran di KPU lalu.

 

 

 

 

 

METRO, Airmadidi – Pilkada Kabupaten Minahasa Utara 9 Desember 2020 mendatang bakal tanpa peserta dari pasangan calon perseorangan. Pasalnya satu-satunya bakal Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati dari perseorangan telah mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, Drs. Sompie Simon France Singal MBA dan Endang Sisilia Legiman menyatakan mundur belum lama ini. 

Surat pengunduran diri ini diterima KPU Minut Rabu, 17 Juni 2020 lalu. Dalam siaran pers KPU Minut, disebutkan bahwa alasan pengunduran diri ini terkait penyebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Alasan pengunduran diri tersebut dikarenakan aturan-aturan baru dalam pelaksanaan Pilkada terkait pandemi Covid-19 yang dinilai akan berpotensi meluas dan makin merugikan masyarakat. Karena verifikasi faktual tetap dilaksanakan dengan menggunakan metode sensus sesuai peraturan perundang-undangan,” jelas Humas KPU Minut.

Jumat, 19 Juni 2020 pekan lalu, KPU Kabupaten Minut telah memanggil bakal paslon perseorangan untuk dimintai klarifikasi atas surat yang dimaksud. KPU Kabupaten Minut kemudian memutuskan menerima surat pengunduran diri dari bakal calon perseorangan tersebut. Dimana berdasarkan  Berita Acara Nomor 610/PL.02.2-BA/7106/Kab/VI/2020 ditetapkan antara lain, bakal paslon Drs. Sompie Simon France Singal dan Endang Sisilia Legiman tidak lagi memenuhi syarat dan tidak dapat diganti dengan calon lain.

Singal saat dihubungi Metro mengakui dirinya mengajukan pengunduran diri antara lain dengan pertimbangan perkembangan penyebaran Covid-19. “Mempertimbangkan penyebaran Covid-19 saat ini, juga dengan adanya peraturan baru terkait kondisi tersebut. Maka memutuskan diri untuk tidak lanjut dan mengundurkan diri,” ungkap Singal.

Saat ditanya apakah akan mendaftar lewat jalur partai politik. Mantan Bupati Minut ini mengaku dirinya sementara ini cooling down. “Belum, sementara mo cooling down dulu,” pungkas Singal.(RAR)