oleh

Bupati Depri Support Petani Sangkub

METRO, Boroko- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali mengingatkan kepada para petani agar dapat menjaga dan mempertahankan lahan harapan untuk tetap berproduksi.

Pasalnya, salah satu permasalahan saat ini adalah menyempitnya lahan garapan petani disebabkan karena alih fungsi lahan untuk dijadikan pemukiman atau rumah penduduk.

Bupati Drs Hi Depri Pontoh menuturkan bahwa hal ini merupakan tantangan baik bagi pemerintah daerah, kecamatan hingga setiap desa maupun petani itu sendiri yang mau tidak mau harus diatasi bersama-sama. Agar lahan tetap dipetahankan dan mengolah lahan-lahan tidur yang membentang dari Kecamatan Sangkub sampai dengan Kecamatan Pinogaluman.

”Anggaran untuk perbaikan sarana dan prasarana pertanian dan perkebunan terus ditingkatkan guna memacu laju pertumbuhan ekonomi masyarakat petani,” kata kata Bupati Drs Hi Depri Pontoh ketika meninjau aktifitas petani di Kecamatan Sangkub yang sedang pengolahan areal persawahan, Minggu (10/01) kemarin.

Bupati yang didampingi Camat Sangkub Iwan Panigoro menuturkan bahwa dalam upaya menunjang ketahanan pangan di Kabupaten Bolmut, perlu dilakukan langkah-langkah strategis untuk menunjang para petani agar tetap bersemangat meningkatkan produksi pertanian.

“Saya turun langsung di areal persawahan semata-mata hanya untuk mendorong masyarakat tani agar lebih giat lagi. Karna pertanian adalah salah satu sektor penunjang kelangsungan kehidupan dan sumber pendapatan masyarakat,” ucap Bupati.

Bahkan, Bupati mengaku telah menggandeng pihak perbankan untuk memberikan kredit dalam bentuk Kredit Usaha Tani (KUR). Sehingga berbagai kemudahan akan diperoleh para petani untuk mencairkan KUR yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai modal produksi.

“Pemerintah daerah akan terus memberikan suport melalui berbagai bantuan seperti benih, pupuk, alsintan dan lebuntuhan pertanian lainya. Agar supaya lahan pertanian tetap berproduksi dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan lokal dan menopang target pangan nasional,” nasional.(60)

Komentar