oleh

Dewan Usulkan Pemberhentian Lomban-Mantiri

Lomban diminta hormati masa transisi

METRO, Bitung- DPRD Bitung segera mengajukan usulan pemberhentian Max Lomban dan Maurits Mantiri. Bersamaan itu, usulan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota baru, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, juga akan diajukan.

“Iya betul, akan disampaikan dalam rapat paripurna,” ujar Ketua DPRD Bitung Aldo Nova Ratungalo, Minggu (24/01) kemarin.

Pengajuan usulan itu sebagai tindak lanjut atas Rapat Pleno KPU Bitung baru-baru ini. Rapat tersebut menetapkan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih. Dengan begitu, usulan yang akan diajukan DPRD Bitung sudah mengikuti mekanisme yang berlaku.

Aldo pun membeber rencana pengajuan usulan tersebut. Jika tak ada halangan, rapat paripurna dalam rangka agenda tersebut akan dilangsungkan sore ini.
“Jadwalnya besok (hari ini,red). Undangan rapat sudah saya tandatangani dan disebarkan. Mudah-mudahan besok tidak ada halangan,” tukasnya.

Meski begitu, Aldo belum mau bicara banyak terkait agenda tersebut. Ia menyatakan penjelasan menyangkut usulan dimaksud akan disampaikan secara lengkap dalam rapat paripurna. Karenanya, ia mempersilahkan wartawan untuk meliput agenda itu. “Besok saja di paripurna,” ucapnya.

Sementara itu, terkait usulan di atas, pengamat pemerintahan Petrus Rumbayan kembali menyampaikan pendapatnya soal masa transisi. Menurut dia, jika usulan DPRD Bitung sudah disampaikan maka Walikota saat ini wajib menghormatinya.

“Saya pikir itu momentum yang tepat bagi Pak Lomban untuk menunjukan penghormatannya. Beliau wajib menghormati hasil pilkada yang telah ditetapkan KPU dan segera ditindaklanjuti Dewan. Sederhana saja, ketika sudah diusulkan Dewan beliau harus menyadari bahwa ini sudah masuk ke masa transisi. Untuk itu beliau harus legowo dan mulai menyiapkan jalan bagi pemimpin yang akan datang,” tuturnya.

Lomban lanjut dia, sudah harus memberikan ruang bagi pemimpin baru untuk menyiapkan kepemimpinan mereka. Hal itu bukan semata-mata untuk kepentingan pemimpin baru, melainkan kepentingan masyarakat yang lebih luas.

“Supaya begitu dilantik Pak Maurits dan Pak Hengky bisa langsung bekerja untuk rakyat. Tidak lagi sibuk untuk penyesuaian atau hal-hal lain yang sifafnya remeh-temeh. Dan kalau Pak Lomban memang legowo, beliau akan meninggalkan kesan positif. Beliau akan dikenang sebagai pemimpin yang berorientasi pada kepentingan rakyat,” paparnya.(69)

Komentar