oleh

Walikota : Potensi Daerah Harus Didorong

METRO, Tomohon – Walikota Jimmy F Eman SE Ak, mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka pelaksanaan forum konsultasi publik. Yaitu mempedomani kebijakan nasional dan provinsi atau pendekatan yang dilakukan secara top down.

“Juga mendorong potensi daerah, sehingga terwujud pengembangan potensi dan ekonomi yang bermuara pada konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta sinergitas program,” ujar Eman.

Dia mengatakan, forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2022, juga merupakan amanah dari undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Dimana pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah yang responsif, efektif, akuntabel, dan berkelanjutan.

Sehingga pada periode terakhir RPJPD Kota Tomohon tahun 2005-2025 ini, diharapkan agar seluruh wilayah Kota Tomohon dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Karena RPJPD dilaksanakan dalam empat tahapan RPJMD, dimana masing-masing tahapan telah memuat pula rumusan indikatif arahan prioritas kebijakan.

“Dengan begitu, tahapan periode RPJMD ini dengan terpilihnya kepala daerah yang baru maka tentunya telah menetapkan visi dan misi yang sudah tertuang dalam rancangan awal rpjmd periode 2021-2026. Adapun visi yaitu Tomohon maju, berdaya saing, dan sejahtera,” jelas Walikota. (05).

Komentar