oleh

BP2MI Manado Bersama GMIBM Bangun Sinergitas

METRO, Kotamobagu- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado gencar melakukan sosialisasi peluang kerja ke luar negeri. Sosialisasi kali ini menyasar kalangan pemuda gereja di Kota Kotamobagu, khususnya di lingkungan Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow (GMIBM).

Kepala UPT BP2MI Manado, Hendra Makalalag, mengatakan, sosialisasi ini tujuannya untuk menginformasikan kepada masyarakat khususnya pemuda Gereja, bagaimana cara bekerja ke luar negeri, dengan aman. “Masyarakat diharapkan dapat bermigrasi yang aman dengan menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku,” kata Hendra, Sabtu (06/02) pekan kemarin.

Hendra juga menyampaikan beberapa skema penempatan ke luar negeri saat melakukan silaturahmi sekaligus sinergitas tersebut dengan Ketua Sinode GMIBM, Pdt Christina Noula Raintama, terkait peluang kerja ke Jepang. “Pertemuan sekaligus silaturahmi itu bagaimana memberikan ruang bagi pemuda gereja untuk bekerja ke luar negeri khususnya ke Jepang melalui program Specified Skilled Worker (SSW).

Dalam pertemuan dengan Ketua Sinode GMIBM Hendra mengatakan, akan menggandeng JGEC (Jayadi Global Education Center) yang merupakan lembaga yang konsen untuk pelatihan Bahasa Jepang. JGEC juga diharapkan akan buka kelas di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Ketua Sinode GMIBM, Pdt Christina Noula Raintama, mengatakan, dirinya mengaku bangga dan apresiasi atas kepedulian BP2MI Manado, yang memberikan peluang kerja.

Menurut Raintama, kunjungan ini, tentu akan memberikan kesempatan baik bagi pemuda untuk bekerja di luar negeri. “Tentu ini sangat baik. Nanti akan kita undang BP2MI Manado, di sidang tahunan untuk mempresentasikan hal ini bagi masyarakat Gereja terutama lulusan Sarjana dan lulusan SLTA baik kejuruan maupun umum,” ucap Raintama.

Pada tahun ini BP2MI Manado, menargetkan akan memberangkat Seribu PMI ke luar negeri yang tentunya akan memberikan dampak ekonomi bagi daerah.(*)

Komentar