oleh

Musim Hujan Waspada DBD

METRO, Boroko- Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Amin Lasena mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah antisipasi terjadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, Kabupaten Bolmut sangat rawan dengan kasus DBD.

“Pemerintah daerah menaruh perhatian khusus terhadap wabah penyakit DBD yang bakal muncul. Untuk itu, diinstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan foging di wilayah jika ditemukan kasus DBD. Jangan sampai kasus DBD setiap tahun bertambah,” ujar Wabup.

Menurutnya, masyarakat juga perlu untuk memperhatikan kebersihan lingkungan, terlebih di musim hujan saat ini. Sebab, saluaan air tidak jalan akan mengakibatkan genangan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk “Jika terjadi gejala penyakit DBD segeralah memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat,” ungkapnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Bolmut dr Jusnan Mokoginta MARS mengaku bahwa pihaknya tengah fokus pada pencegahan DBD. Bahkan, sejumlah personil telah diturunkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka menghindari kasus ini.

“Pencegahan DBD selain dengan foging bisa juga dengan abatesasi untuk pembunuhan jentik, membersihkan lingkungan terutama selokan serta melakukan 3 M yakni menguras menutup dan mengubur serta membersihkan penampungan air,” jelas Jusnan.(60)

Komentar