oleh

Publik Menanti Gebrakan Kapolres Baru

METRO, Bitung- AKBP Indra Pramana sudah kurang lebih dua pekan menjabat Kapolres Bitung. Ia menggantikan AKBP Winardi Prabowo yang pindah tugas ke Polda Lampung. Nah, sejauh mana gebrakan Indra di Polres Bitung masih dinanti publik.

“Namanya pejabat baru kinerjanya pasti ditunggu-ditunggu oleh masyarakat,” ujar Mudzakir Boven, salah satu pegiat LSM di Kota Cakalang, Senin (01/03) kemarin.

Mudzakir mengaku belum tahu kiat-kiat Indra dalam memimpin Polres Bitung. Ia belum pernah mendengar apa prioritas yang akan dikerjakan mantan Kapolres Bolmong itu. Karenanya, ia menunggu gebrakan dari yang bersangkutan.

“Wajar kan kalau kita menunggu? Kapolres itu pejabat publik jadi publik pasti menunggu sepak terjangnya,” ucap pria yang akrab disapa Polo ini.

Hal yang kurang lebih sama disampaikan Darma Baginda, pegiat LSM lainnya. Ia berharap Kapolres baru bisa mempertahankan capaian pejabat lama bahkan kalau perlu ditingkatkan lagi.

“Yang paling utama tentu stabilitas keamanan. Publik akan melihat apakah lebih baik dari yang lama atau sama. Dan ini sangat penting karena keamanan merupakan kebutuhan umum,” katanya.

Namun begitu, baik Darma maupun Mudzakir tak lupa menyentil soal penindakan kasus korupsi. Keduanya berharap Indra bisa menunjukan taring Polres Bitung dalam pengungkapan kasus semacam itu. Bukan apa-apa, dalam penilaian Darma dan Mudzakir sudah lama instansi itu tak mengusut kasus korupsi.

“Kalau tidak salah yang terakhir itu tahun 2017. Waktu itu Polres Bitung menangani kasus korupsi dana PAUD. Jadi karena sudah empat tahun lalu perlu ada gebrakan lagi. Polres Bitung perlu mengungkap kasus korupsi bukan untuk bersaing dengan kejaksaan, tapi untuk saling memperkuat satu sama lain. Apalagi kasus korupsi itu kejahatan yang merugikan negara dan orang banyak,” tukas keduanya seirama.

Kapolres sendiri belum berhasil dimintai tanggapan soal ini. Namun begitu, dalam pernyataannya usai serah terima jabatan dua pekan lalu, ia menegaskan akan bekerja sebaik mungkin.
Memang kala itu ia tak menyebut sektor apa yang jadi prioritas. Ia hanya menyatakan semua tugas yang melekat akan dikerjakan dengan profesional.

“Saya akan berupaya menjalankan semua tanggung jawab dengan baik. Apa saja yang menjadi tugas polisi akan dilaksanakan dengan maksimal. Karena itu saya butuh dukungan semua pihak agar bisa mewujudkan itu. Bukan hanya anggota saja, tapi dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan,” paparnya saat itu.(69)

Komentar