oleh

Peran Strategis Toga Untuk Tingkatkan Penerapan Prokes

METRO, Sitaro- Salah satu elemen yang dinilai memiliki peran strategis untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menerapkan protokol kesehatan atau prokes adalah unsur tokoh agama.

Hal ini dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Djon Janis.

“Tokoh agama merupakan figur yang dihormati dan disegani masyarakat. Mereka menjadi panutan di lingkungan masyarakat, sehingga peran tokoh agama sangat penting dalam membantu perubahan perilaku masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan tersebut,” ungkap Janis dimintai tanggapan, Senin (1/3) kemarin.

Ia pun berharap terus terbangun sinergisitas antara pemuka agama dan pemerintah daerah dalam upaya preventif dari penyebaran virus ini. Keberadaan para tokoh agama setidaknya dapat mereduksi atau mengurangi aspek ketidakpatuhan warga terhadap prokes.

“Karena perubahan perilaku di masa pandemi ini harus bergulir cepat,” ucap dia.

Selain tak hanya soal upaya peningkatan prokes mencegah virus corona, lanjutnya, masalah lain yakni stigma negatif yang kerap melekat bagi para penyintas COVID-19. Maka dirinya berharap soal itu pula bisa menjadi bagian imbauan dari para tokoh agama dihadapan jemaat maupun jemaah masing-masing.

“Karena yang menjadi musuh kita bukan pasien COVID-19, namun virus corona itu sendiri,” tuturnya.

Ia pun mengatakan dengan pelibatan para tokoh agama secara maksimal, setidaknya dapat meningkatkan kesadaran warga soal prokes. Meski dirinya mengapresiasi terkait penerapan prokes secara ketat di sejumlah rumah ibadah, termasuk berbagai langkah pemerintah daerah dalam upaya pengendalian penyebaran COVID-19 di Sitaro.

“Saya berharap tetap dipertahankan, karena hal itu untuk menjaga kesehatan kita bersama,” tuturnya lagi.(86)

Komentar