Seleksi Paskibraka Resmi Dibuka

METRO, Tomohon- Seleksi dan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Tomohon, resmi dibuka Walikota Caroll JA Senduk SH, di Stadion Babe Palar, Rabu (03/03/2021).

“Pembangunan kepemudaan bertujuan untuk mewujudkan pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa bela negara dan pancasilais dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia,” ujar Walikota.

Lanjut dia, tujuan pembangunan kepemudaan tersebut dapat diwujudkan melalui peningkatan prestasi dan peran aktif pemuda, dalam berbagai bidang pembangunan dengan menunjukkan dedikasi yang tinggi dan mental yang kuat, serta berani mengambil keputusan yang tepat bagi upaya mengatasi masalah yang dihadapi.

“Pelatihan Paskibraka ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembangunan kepemudaan tersebut. Selain itu, pelatihan ini juga untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan jiwa pemuda melalui kepemimpinan dan siapa yang terbaik merekalah yang akan terpilih,” tandas Senduk.

Oleh karena itu, menurut dia, semuanya harus diperjuangkan sejak dini, harus benar-benar memerlukan pengorbanan, niat, tekad dan kerja keras yang tinggi dari para peserta seleksi. Karena menjadi anggota paskibraka tidak hanya untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab menaikkan dan menurunkan bendera merah putih.

Tetapi mengamalkan apa yang diperoleh selama mengikuti proses pelatihan, untuk diaplikasikan saat upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih di tanggal 17 agustus serta acara penting lainnya.

“Pelatihan pasukan pengibar bendera merupakan wahana yang sangat tepat untuk membina mental dan disiplin generasi muda penerus kepemimpinan. Mengingat prosesnya yang sangat selektif, maka kepada seluruh calon paskibraka agar mempersiapan fisik dan psikis yang baik,” ujar Walikota.(05)

Komentar