oleh

Nilai Ekspor Komoditi Pertanian Sulut Tembus Rp1,3 Triliun

METRO, Manado- Total nilai ekonomi komoditas Pertanian Sulut yang berhasil diekspor pada triwulan I 2021 mencapai Rp1,3 triliun. Angka ini mengalami kenaikan 170 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020 yang sebesar Rp 500 miliar.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil Harahap, usai mendampingi rombongan Komisi IV DPR RI melihat langsung proses layanan di Karantina Pertanian Manado Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Bitung, pekan lalu.

Dijelaskan Jamil, kinerja layanan Karantina Pertanian Manado dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Ini terlihat dari jumlah sertifikat karantina yang terbit sepanjang triwulan I 2021 mencapai 12.855, naik 79 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 7.163 sertifikat.

“Kenaikan ini mengindikasikan peningkatan perdagangan produk pertanian di Sulut baik domestik maupun ekspor,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Karantina Pertanian Manado dalam upaya peningkatan layanan operasional. “Termasuk dalam mendukung ekspor yang terbukti tumbuh sangat pesat melalui program gerakan tiga kali lipat ekspor tentu membawa dampak baik terhadap perekonomian daerah,” katanya.(71)

Komentar