Pemkab Bolmut Matangkan Penyusunan KLHS Perubahan RPJMD

Totabuan180 views

METRO, Boroko- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus mematangkan penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan RPJMD 2018-2023. Hal ini menyusul digelarnya Focus Group Discussion (FGD) tahap pertama yang digaler di Aula Pohohimbunga Bapelitbang Bolmut.

“Penyusunan dokumen KLHS perubahan RPJMD ini merupakan amanat undang undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perncanaan pembangunan nasional. Hal ini diamatkan pula dalam pasal 260 ayat 1 undang undang nomor 23 tahun 2014, bahwa daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Begitu pula undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 15 bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib menyusun KLHS,” ujar Sekda V
Bolmut Dr Hi Asripan Nani MSi, dalam sambutanya, Senin (07/06) kemarin.

Selain itu, Permendagri nomor 7 tahun 2021 tentang pembuatan dan pelaksanaan kajian lingkungan hidup strantegis dalam penyusunan rencana pembanguan jangka menegah daerah juga menjelaskan dan mengamatkan bahwa salah satu tahapanya adalah pelaksanaan konsultasi publik atau forum grup diskusi. Sehingga pelaksanaan forum grup diskusi penyusunan KLHS perubahan RPJMD kabupaten bolmut tahun 2018 2023 ini merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategis, arah kebibakan, dan program pembagunan berwawasan lingkungan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Untuk mewujudkan visi dan misi kabupaten Bolmut tersebut, maka dijabarkan kedalan tujuaan dan sasaran yang dilengkapi dengan indikator tujuaan dan sasaran. Hingga akhirnya akan dimplementasikan melalui program dan kegiatan pembangunan dengan indikator kinerja yang terukur dan berwawasan lingkungan. Dalam rangka manajemen setiap program kegiatan diperlukan strategis dengan menyusun cara, langkah, atau tahapan untuk mencapai tujuaan. Hal ini sebagai upaya untuk mencapai tujuaan dan sasaran pemerintah daerah, strategis akan dijabarkan dalam arah kebijakan dalam arah kebijakan yang merupakan program prioritas dalam pencapaian pembanguan daerah,” terangnya.

Menurutnya, sebagai salah satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan daerah lima tahunan, rumusan strategis akan mengiplementasikan bagimana sasaran pembangunann akan dicapai dengan serangkaian arah kebijakan dari pemangku kepentingan.

“Untuk itu saya meninta perhatian kita bersama untuk hal-hal antara lain, indkator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusunana RPJMD dan tim ahli pendamping berupa matriks cascading atau penjabaraan dan penyelarasan visi, misi, tujuan, sasaran indikator tujuaan dan indikator sasaran RPJMD. Agar dijadikan acuan dalam penyusuan dokumen kajian lingkungan hidup strategis. Kemudian memperkuat koordinasi antar OPD dalam proses perncanaan terhadap pembanguanan berkelanjuatan dan berwawasan lingkungan agar terbangun sinergitas,” ucap Sekda Bolmut.

Terkait dengan penyusunan KLHS perubahan RPJMD 2018-2023, Pemkab Bolmut berharap agar kolompok kerja (Pokja) dan hadirin pada FGD ini terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perncanaannya. Sehingga dokumen KLHS RPJMD yang disususun benar benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi misi kepala daerah dengan indikator kinerja yang terukur. “Kepada tim ahli, saya berharap untuk membantu semaksimal mungkin pada penyusuan dokumen KLHS perubahan RPJMD tahun 2018-2023 kabupaten Bolmut agar dapat dipertanggun jawabkan,” jelasnya.(60)

Komentar