Sejumlah Fakultas di Unsrat Menggelar Pemilihan Dekan

Manoppo kembali terpilih Dekan Fakultas Tekhnik

METRO, Manado- Sepanjang pekan lalu, sejumlah fakultas di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggelar pemilihan dekan. Dalam pemilihan yang dihadiri Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA ini, ada pendatang baru yang terpilih, ada juga petahana.

Di Fakultas Peternakan, 3 calon dekan yang bersaing adalah Dr Ir Florencia N Sompie MP IPU, Dr Ir Betty Begau MP, dan Dr Ir Agustinus Lomboan MS.

Dari hasil proses pemungutan suara, Sompie meraup dukungan terbanyak dengan 16 suara, disusul Begau 10 suara, dan Lomboan 1 suara. Dengan demikian Sompie terpilih sebagai Dekan Fakultas Peternakan Unsrat Periode 2022-2026.

Yang menarik terjadi di Fakultas Pertanian Unsrat. Hanya ada satu calon dekan yang maju dalam kontestasi ini, yaitu Ir Dedie Tooy MSi PhD. Dengan demikian, Tooy terpilih secara aklamasi sebagai Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Periode 2022-2026.

Di Fakultas Tekhnik, dekan petahana Prof Dr Ir Fabian Johanes Manoppo MAgr masih terlalu tangguh untuk 2 kandidat lainnya yakni Ir Octavianus Hendrik A Rogi ST MSi, dan Ir Jermias Tjakra MT (3). Dari total 29 suara, Manoppo meraih 21 suara, disusul Rogi 5 suara, dan Tjakra 3 suara. Dengan demikian, Manoppo kembali memimpin Fakultas Tekhnik Periode 2022-2026.

Selanjutnya di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Dr Royke Iwan Montolalu SPi MSc meraih dukungan 27 suara. Dia unggul jauh atas dua kandidat lainnya yakni Prof Dr Ir Desy Maria Helena Mantiri DES DEA (10 suara), dan Prof Dr Ir Winda Mercedes Mingkid MMar Sc dengan 2 suara.

“Saya berharap dekan yang terpilih, setelah dilantik nanti bisa bekerja dengan baik, penuh rasa tanggungjawab untuk membesarkan Unsrat,” ujar Kumaat.(11)

Komentar