Bolmong Bertekad Pertahankan Opini WTP

Totabuan161 views

METRO, Bolmong- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), hingga saat ini bertekad mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, di akhir masa jabatannya sebagai Bupati, bertekad agar opini tetap dipertahankan seperti tahun sebelumnya.

“Pemkab bertekad opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sulut tetap dipertahankan,” tegas Yasti, saat memaparkan RPJMD di Musrenbang tingkat kecamatan Poigar, Selasa (22/02) kemarin.

Menurutnya, hal ini sebagai misi yang tertuang dalam visi misi lewat RPJMD di akhir masa jabatannya bersama Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, yakni mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tertata laksana dengan sasaran meningkatnya kualitas dan kinerja penyelenggara pemerintah daerah.

Yasti mengatakan, Pemkab Bolmong baru meraih opini WTP atas hasil pemeriksaan pengelolaan keuangan tahun anggaran 2020. Kendati begitu patut disyukuri karena berpuluh puluh tahun Pemkab Bolmong berada di zona merah.

“Untuk meraih opini WTP, butuh kerja keras. Sebab berpuluh puluh tahun persoalan yang dihadapi Pemkab Bolmong di bidang pengelolaan keuangan sangatlah kompleks. Salah satunya yakni di bidang aset,” jelasnya.

“Saya berterima kasih kepada seluruh ASN yang telah bekerja keras menyajikan sebuah laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Capaian ini adalah buah kerja keras kita bersama,” sambung YSM singkatan Yasti Soepredjo Mokoagow.

Capaian ini lanjutnya, akan memacu untuk bekerja lebih keras lagi, karena memang mempertahankan itu biasanya lebih susah daripada meraih.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang SIP MM, pun sejak awal , telah menginstruksikan sebelum pemeriksaan agar semua dokumen yang dibutuhkan tim BPK disiapkan. “Mengingat, opini dari BPK tersebut adalah cerminan tanggungjawab dan akuntabilitas Pemkab Bolmong dalam mengelola keuangan Negara,” ucap Tahlis.

Dia menegaskan, adanya penilaian terhadap laporan keuangan harus dijadikan pemicu seluruh jajaran Pemkab Bolmong untuk bekerja sebaik mungkin.(48)

Komentar