Sulut Masuk Kandidat Tuan Rumah Pra-PON Cabor Khurash

Olahraga689 views

BERKAT sejumlah hasil positif di berbagai iven level nasional, Pengprov Federasi Kurash Seluruh Indonesia (Ferkhusi) Sulawesi Utara mendapatkan peluang masuk dalam daftar nomor dua tuan rumah Pra PON Cabang Olahraga Kurash Tahun 2023 mendatang.

Informasi yang diperoleh dari Sekretaris Umum Pengprov Federasi Kurash Indonesia (Ferkhusi) Sulut, Drs. Herry Kamurahang, masuk Sulut dalam daftar kandidat tuan rumah Pra PON setelah sejumlah Pengprov Ferkhusi di Indonesia Timur memberikan dukungan bagi Sulut pada saat Rakernas Ferkhusi di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta Timur, pekan lalu.

“Ada beberapa provinsi di Indonesia Timur yang memberikan dukungan bagi Sulut untuk masuk sebagai kandidat tuan rumah Pra PON bersama Provinsi Lampung. Karena itu, kami tengah berupaya meminta dukungan dari KONI Sulut bahkan Pemerintah Provinsi Sulut agar Pra PON bisa dilaksanakan di Sulut,” kata Kamurahang.

Sebelumnya, pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Khurash yang dilaksanakan setelah Rakernas, Kontingen Sulut sukses membawa pulang medali perunggu lewat atlet Chintya Lampah yang turun pada Kelas +87 Kg Puteri.

“Karena peserta di kelas +87 Kg putri hanya lima orang , pertandingan digelar secara round robin. Hasilnya, dari empat kali pertandingan menghadapi atlet dari Jawa Timur sebanyak dua kali dan DKI Jakarta serta Sulawesi Tengah, akhirnya Chintya berhasil merebut medali perunggu,” ujar Kamurahang.

Dikatakan mantan Sekretaris Umum Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sulut, dengan hasil yang didapatkan di kejurnas, dari sejumlah iven nasional termasuk Seleknas Asian Games Tahun 2018, Ferkhusi Sulut selalu mampu membawa pulang medali.

“Ferkhusi Sulut berhasil mempertahan prestasi lewat perolehan medali pada setiap kali mengikuti iven level nasional. Ketika Seleknas Asian Games, Sulut berhasil meraih medali perak dan berhasil masuk Timnas. Kemudian pada saat eksebisi PON XX Papua, berhasil merebut tiga perunggu dan sekarang di kejurnas dapat 1 perunggu,” ujar Kamurahang, yang juga tercatat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan PB Ferkhusi.

Pada Kejurnas kali ini, Pengprov Ferkhusi Sulut membawa 4 atlet putra putri masing-masing Virginia Mantiri (Siswi SMA Negeri 9 Manado), Claudya Sangari (Mahasiswi), Christian Mantiri (Mahasiswa) dan Chintya Lampah (Anggota Polri).(dni)

Komentar